Pahami SD Card (Memori Eksternal) Sebelum Membeli

Perangkat Portable pasti akan membutuhkan SD Card untuk membantu penyimpanan data diluar internal perangkat. Seperti Smartphone, kamera digital, camcorder, membutuhkan SD Card untuk membantu penyimpanan data. Saat ini kemajuan teknologi dalam bidang penyimpanan data digital seperti SD Card hadir dalam berbagai jenis spesifikasi seperti SD (Secure Digital), SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity), tentu perbedaan ini akan membingungkan Anda jika Anda tidak paham fungsi dan cara kerja SD Card ini pada perangkat portable.

Perbedaan spesifikasi dari SD, SDHC dan SDXC tentu berbeda pula kecepatan data transfer berdasarkan Speed class atau kecepatan kelas dari Micro SD itu sendiri. Nah, hal-hal penting apa yang harus Anda pahami tentang SD Card atau memori eksternal sebelum membeli, berikut tips membeli SD Card agar performa perangkat portable Anda mampu bekerja dengan baik dan cepat.

1. Pahami Jenis SD Card

Sebelum terlanjur membeli SD Card untuk gadget portable alangkah baiknya kenali dulu SD Card berikut ini seperti yang disebutkan InfoTech Review sebelumnya;

  • SD

Singkatan dari Secure Digital, Kartu memori ni adalah kartu memori standar yang umum digunakan pada perangkat portable. Dan untuk format SD ini menggunakan ekstension FAT16 yang support kapasitas data dari 32MB sampai 2GB

  • SDHC

SDHC ini adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity. Setingat lebih tinggi dari SD, dan kapasitas data mulai dari 2GB sampai 32GB. Meskipun desain tidak jauh berbeda dengan SD Card, SDHC didesain lebih cepat untuk kecepatan transfer data. Dengan menggunakan format file FAT32 yang sering digunkan oleh kebanyakan smartphone dan kamera digital sekarang.

Dalam penerapannya dalam perangkat portable seperti Smartphone atau kamera digital, Perangkat yang support SDHC masih bisa menggunakan SD di perangkat tersebut karena masih kompatibel dengan jenis memori eksternal dibawahnya, namun begitu juga kebalikannya, jika perangkat digital portable yang hanya support SD tidak akan bekerja jika Anda menggunakan SDHC pada perangkat tersebut, karena tidak terbaca, tidak kompatibel dan hanya mengenali kartu SD saja dan tidak mengenal SDHC.

  • SDXC

SDXC ini akronim dari Secure Digital Extended Capacity. SDXC ini setingkat lebih cepat dari SDHC dan tentunya lebih cepat dimana kecepatan Baca (Read) mencapai 60Mbps dan Menulis (write) mencapai 32Mbps. Untuk kapasitas data mampu menampung data mulai dari 32GB sampai 2 Terra Byte. Format file nya pun berbeda dari 2 jenis memori sebelumnya, exFAT adalah nama format file dan bukan FAT16 atau FAT32. Dalam penerapannya di perangkat digital portable hanya pada perangkat yang sudah support SDXC saja yang bisa bekerja, kalau gadget atau perangkat portable belum support SDXC jangan membeli karena tidak akan bisa membaca jenis memori SDXC ini.

Dalam istilah penyimpanan Digital dengan memori yang disebut SD ini ada istilah Backwards Compatible, dimana Kartu memori jenis yang sudah tinggi mampu bekerja pada perangkat yang hanya support kartu memori dibawahnya, dan sebaliknya jika perangkat yang hanya support kartu memori jenis rendah tidak bisa diterapkan atau menggunakan kartu memori jenis tinggi karena tidak akan terbaca atau berfungsi.

2. Pahami Rating Kecepatan Kelas SD

Dalam istilah kartu memori SD, ada istilah speed class rating, dan ada istilah Ultra High Speed atau disingkat UHS. Namun istilah Speed class masih umum digunakan dikalangan penguna kartu memori eksternal karena jenis UHS masih belum banyak digunakan pada perangkat portable.
Berikut jenis Speed Class dan kecepatannya;

Class Speed
Class 22 MB/s
Class 44 MB/s
Class 66 MB/s
Class 10  10 MB/s
UHS-1312 MB/s 

Untuk melihat jenis dan class SD Card Anda, Anda bisa melihat pada kotak SD Card Anda bisa juga dilihat di kartu SD itu sendiri yang diberi tanda dengan Huruf C dan didalamnya ada angka yang menunjukkan Class SD itu sendiri, seperti gambar berikut.

Pahami SD Card (Memori Eksternal) Sebelum Membeli
SD Jenis SDHC dengan Class 10 dan Class 4

Maka oleh karena itu kebanyakan perangkat digital portable saat ini banyak menggunkan jenis Kartu SD dengan Class range dari Class 6 Sampai Class 10. Atau harus disesuaikan dengan anjuran perangkat tersebut agar perangkat seperti kamera digital, camcorder, Smartphone mampu bekerja dengan baik cepat dan tanpa hang.

3. Sesuaikan Kebutuhan SD Card dan Perangkat dan Juga Kebutuhan Penyimpanan Data

Tips ketiga ini sangat penting dalam proses aplikasi SD Card di perangkat portable nantinya. Maka harus disesuaikan dengan kebutuhan SD Card dan perangkat agar sinkron, agar tidak terjadi lemot saat Anda mengakses data dari memori eksternal di perangkat, seperti di Smartphone saat Anda membuka foto hasil jepretan Smartphone agar lebih cepat. Ikuti Anjuran dari perangkat tersebut, jenis Kartu memori apa yang cocok digunakan dan Class kecepatan berapa yang proporsional untuk gadget portable Anda. Jangan memaksakan membeli SD dengan jenis tinggi sementara gadget Anda tidak mendukung dengan jenis dan class nya, tentu akan membuat perangkat Anda jadi lemot dan hang.

Dan untuk kebutuhan Penyimpanan data sesuaikan juga besar kapasitas data yang Anda butuhkan, misalnya kalau Anda seorang mahasiswa tentu kapasitas penyimpanan data tidak terlalu besar yang Anda bustuhkan cukup dengan ukuran SD yang 8 sampai 16GB sudah cukup, dan tentu berbeda dengan kebutuhan seorang fotografer dengan kamera digital tentu membutuhkan data yang lebith besar dari 16GB sampai 64GB untuk space penyimpanan foto denga ukuran HD. Tips ini juga akan bermanfaat untuk menentukan harga nantinya. Semakin besar kapasitas yang Anda beli tentu harga semakin mahal.

4. Harga, Merek dan Garansi

Harga tentu menjadi salah satu faktor dalam Anda menentukan pilihan sebelum membeli SD Card. Begitu juga dengan garansi SD yang tersedia, jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan pada rentan waktu tertentu, pasti Anda bisa claim dari garansi yang ditawarkan, sehingga hak Anda sebagai konsumen tetap terlindungi.

Begitu juga dengan Merek SD itu sendiri, untuk produk yang sudah dikenal baik reputasinya dalam memproduksi SD berkualitas tentu harga juga akan berpengaruh, dalam hal ini Anda harus pintar memilih dan memilah kebutuhan dan budget Anda.

Itulah tips yang harus Anda pahami telebih dahulu sebelum membeli SD Card. Ini menjadi penting karena menyangkut data Anda. Semoga tips Memahami SD Card Sebelum membeli ini bermanfaat!

Anda juga bisa membaca Cara Partisi SD Card Dengan Mudah dan Cepat




0 Response to "Pahami SD Card (Memori Eksternal) Sebelum Membeli"

Post a Comment

wdcfawqafwef