Upload dan Buat tema sendiri di iPhone ?

Mengingat akses root untuk iPhone memang tidak diberikan oleh Apple.Inc tanpa Jailbreak istilah dalam iDevice atau perangkat buatan Cuppertino ini. Dan jailbreak sendiri mempunyai kekurangan dan kelebihan.
Kelebihan dari jailbreak adalah "Ketagihan", dan untuk kekurangannya dari akibat jailbreak yaitu "Pengen Ketagihan" :) LOL.
Untuk pengguna yang biasa memanfaatkan fitur dari jailbreak yaitu biasanya mereka mengkustomisasi perangkat mereka sendiri agar terlihat berbeda dari pengguna iDevice yang lain, selain itu keistimewaan yang ditawarkan oleh penyedia Tweak atau Tema akan anda temukan pada perangkat anda sendiri yang Apple sendiri tidak memberikan akses dan fitur tersebut.

Berikut ini saya akan membedah bagaimana membuat tema buatan anda sendiri mulai dari Rancangan, Purwarupa, hingga upload di Cydia melalui beberapa repositori atau bahkan anda bisa membuat repositori sendiri untuk ditambahkan kedalam Cydia tersebut untuk perangkat anda maupun perangkat lain.

Rancangan/Dasar :
Pertama yang harus disiapkan adalah perangkat Komputer Windows maupun Mac dan sudah terinstal Photoshop.

Sebagai contoh, saya akan mengupas sedikit Tema tambahan untuk "Loading Indicator"

"Loading Indicator" adalah sebuah tema untuk mengubah tampilan saat anda membuka aplikasi maupun website di iPhone, dan loading yang berputar-putar saya mencoba menggantinya dengan dan saya beri nama
"Apple Macintosh Loading Indicator", yang bisa anda download dan install di Cydia secara cuma-cuma.


Langsung saja, masuk aplikasi Photoshop untuk windows ataupun Mac. Saya menggunakan 12 gambar yang berbeda berukuran atau berdimensi "74 x 74 px", yang nantinya untuk ukuran besar.
Kemudian 24 gambar yang berbeda dengan nama yang berbeda pula berukuran "40 x 40 px", selanjutnya 8 gambar berukuran "20 x 40 px"



  • 12 gambar yang berukuran "74 x74 px" beri nama "UIActivityIndicatorViewStyleWhiteLarge.0", "UIActivityIndicatorViewStyleWhiteLarge.1" dan seterusnya sampai berjumlah 12, angka internasional biasanya dimulai dari 0, jadi untuk nama yang terkahir bukan berakhiran 12 akan tetapi 11.
  • 24 gambar ini adalah 12 dikali 2 berukuran "40 x 40 px" beri nama : untuk yang bagian 12 pertama dengan nama : "UIActivityIndicatorViewStyleWhite.0.png" sampai nomor 11 seperti diatas, kemudian 12 gambar yang kedua yaitu dengan nama : "UIActivityIndicatorViewStyleGray.0.png" masih sama seperti diatas yaitu perbanyak sejumlah 12 buah gambar yang berbeda.
Bagaimana cara mmbuat gambar tersebut berbeda dengan jumlah 12 buah ?
Disinilah Photoshop sangat berguna. Buat Layer baru, masuk menu File pilih New, saat muncul Clipboard. silahkan buat layer tersebut berukuran "74 x 74" kemudian OK.

Untuk gambar yang pertama masukkan kedalam layer tersebut kemudian "save As" beri nama "UIActivityIndicatorViewStyleWhiteLarge.0.png", selanjutnya membuat gambar yang kedua, hapus gambar yang didalam layer tersebut yang baru anda simpan atau buat layer baru lagi juga tidak masalah. Masukkan gambar anda yang masih asli tadi kedalam layer baru, tinggal memberi warna yang berbeda sesuai selera anda. Lalu save as lagi dengan nama "UIActivityIndicatorViewStyleWhiteLarge.1.png"
Dan selanjutnya begitu terus sampai anda membuat 12 gambar yang berbeda.


Letakkan gambar yang anda simpan, di desktop dahulu, atau anda bisa membuat folder dengan maksud memilah untuk beberapa ukuran, misalnya untuk gambar yang berukuran "74 x 74" beri nama folder 
"74 x 74" agar anda tidak bingung.
Jika ukuran terlalu kecil untuk melakukan editing, buatlah dahulu layer berukuran "800 x 800 px" agar tidak kesulitan, baru kemudian saat anda ingin menyimpan atau save as, perkecil ukurannya menjadi 
"74 x 74", untuk ukuran dimensi "40 x 40" juga sama.
Namun untuk yang berukuran "20 x 40", gunakan dahulu ukuran "400 x 800", artinya ukuran tersebut adalah dalam skala besar.

Tahap pertama selesai, selajutnya masuk ketahap kedua yaitu :
Purwarupa atau Prototipe.
Buatlah Folder baru dengan nama "Library", kemudian masuk folder Library dan buat folder baru lagi didalamnya, dengan nama "Themes" selanjutnya buat folder baru didalam themes dengan nama Apple Macintosh Loading Wheel "ini hanya untuk contoh saja, nama bisa anda ganti sendiri". Selanjutnya masuk lagi kedalam folder Apple Macintosh Loading Wheel dan buat folder baru dengan nama "UIImages".

Library, atau perpustakaan maksudnya ini adalah alamat direktori yang berada pada iPhone bertujuan saat anda membuat Zipfolder untuk diunggah pada repositori dari sudah siap diunduh di Cydia maka disanalah nanti Instalasi atau sebuah perintah kerja akan menuju kesana untuk ditempatkanlah tema tersebut, yang akan dijalankan oleh "Winterboard"
Fungsi dari Winterboard adalah memberikan akses tema yang akan anda pakai, tanpa mengganggu tema bawaan dari iOS. Intinya semacam menutup portal tema asli dan diberikan pengalihan oleh tema yang anda pakai.
Sebernarnya Maksud lain dari Library adalah kalau dari Operating System Windows, semacam Copy Paste media namun anda akan diberi peringatan "Replace or Overwrite" maksudnya adalah, ada nama yang sama, apakah anda ingin mengganti atau "menerobosnya" :)

Jadi, Jumlah keseluruhan gambar yang sudah anda buat tadi adalah sebanyak 48 gambar yang sudah anda simpan didesktop atau folder peyimpanan anda. Nah ke-48 gambar itu kemudian copy dan pastekan ke dalam folder Library/Themes/Apple Macintosh Loading Wheel/UIImages yang anda buat tadi.

Berikutnya, silahkan anda hubungkan iPhone anda pada perangkat komputer ataupun Mac, buka ifunbox, iPhone folder atau diskAid terserah, Kemudian Copy dan Pastekan Folder Apple Macintosh Loading Wheel ke iPhone anda melalui media ifunbox navigasikan ke arah Library/Themes.

Mengapa folder Library tidak diikut sertakan, tetapi langsung folder Apple tersebut?
Seperti yang telah saya jelaskan diatas "Library/Themes" adalah alamat dari sebuah direktori dimana tema akan ditempatkan disana.

Sekarang kita coba dahulu Tema Purwarupa atau prototipe tersebut, buka Winterboard kemudian pilih atau centang "Apple Macintosh loading Wheel", kemudian Respring. Untuk mencoba berhasil atau tidaknya, silahkan anda buka safari atau Cydia, bagaimana Loading Indicatornya sudah terganti? :)

Dimensi 20 x 40 adalah untuk loading di status bar, 40 x 40 untuk body, dan 74 x 74  biasanya akan muncul saat anda membuka Cydia atau aplikasi yang mempunyai NavBar berukuran 74 x 74 tersebut

Tahap berikutnya, membuat repositori
Repositori pernah saya tuliskan pada halaman ini. Baiklah untuk repositori gratis yaitu anda bisa memakai myrepospace.com, jika anda belum join silahkan sign up terlebih dahulu serta isi profile anda.
Singkat saja ya, jika anda sudah terhubung dengan myrepospace, silahkan pilih menu "Tool" yang berada diatas, selanjutnya ada 2 pilihan yaitu iAptPack untuk kombinasi repositori favorit anda dan iDeb untuk mengunggah tema yang sudah anda buat tadi, jadi kita pilih iDeb.

Sebelumnya mengungah tema, silahkan anda Convert tema Apple Macintosh Loading Wheel menjadi ZIP, terserah anda memakai 7zip atau winrar maupun winzip, saya ulangi lagi yang perlu diperhatikan saat melakukan zipper tema anda adalah Folder "Library" yang anda simpan dikomputer atau Mac.

Saat zipper selesai melakukan tugasnya, silahkan anda ganti nama "Library.zip" atau rar menjadi nama tema anda, sebagai contoh Library.zip saya ganti Apple Macintosh Loading Wheel.zip

Sekarang kita kembali ke web myrepospace dengan memilih iDeb, selajutnya silahkan anda browse package dari tema anda yang berbentuk zip tadi, tunggu beberapa saat sampai selesai. Kemudian anda bisa mengisi form untuk diskripsi dari tema anda, seperti :
- Package title untuk nama tema
- Short Discription untuk diskripsi singkat dari tema
- Category untuk kategori jika tema pilih tema
- Version adalah versi tema anda, isikan saja 1.0.0 atau sesuka hati anda, namun saat nanti anda ingin memperbaruhinya versi harus diatas urutan dari versi sebelumnya, misal sebelum update versi 1.0.0 maka versi pembaharuannya harus anda ganti diatasnya dan tidak harus, 1.0.1 bisa saja anda ganti 1.2.3 yang terpenting Change Log harus berubah diatasnya.

Sebelum mengunggah ke server Cydia, anda bisa mencoba prototipe tema anda dengan mendownload atau mengunduh berupa *deb, utuk melihat instalasi berjalan normal atau ada yang error. Jalankan dengan cara manual, yaitu hasil tema berupa *deb ( Apple Macintosh Loading Wheel.deb ) jalankan dengan Mobile Terminal pada iPhone atau iFunbox, pertama hasil *deb tadi copy dan pastekan kedalam iPhone navigasikan ke var/tmp

Bagaimana mengoperasikan instalasi manual dengan mobile terminal ?
Setelah *file debian tadi disimpan ke var/tmp, silahkan anda buka mobile terminal, masukan password root anda,untuk standar biasanya "alpine"
setelah masuk root :# silahkan ketik dpkg -i /var/tmp/Apple Macintosh Loading Wheel.deb kemudian return, jika belum berhasil silahkan anda ganti Apple Macintosh loading wheel.deb yang berada di var/tmp dengan kata yang tersambung, misal koboi.deb, jadi lakukan ketik ulang di mobile terminal :
dpkg -i /var/tmp/koboi.deb lalu return, jika berhasil silahkan lihat pada winterboard sudah tersediakah tema yang anda instal tadi, namun nama tema tadi tetap Apple Macintosh Loading Wheel, bukan Koboi :)

Jika cara manual copy paste seperti uraian diatas tadi sudah ada Apple Macintosh Loading Wheel, kenapa menginstal ulang memakai manual? Seperti yang saya sebutkan diatas tema ini akan diterobos atau overwrite meskipun sudah ada dan tidak akan bermasalah.

Setelah pada tahap ini berhasil, sekarang tinggal melanjutkan upload melalui repositori anda sendiri ke server cydia, jika sudah selesai sekarang buka Cydia di iPhone anda, coba tambahkan repositori anda ke Source Cydia, berhasil?


Sekarang bagaimana jika tema, anda kembangkan melalui repositori bigboss atau modmyi sebagai official yang berada pada cydia, karena saat melakukan jailbreak tema anda sudah berada dan akan ikut terus melalui repo official tersebut.


Cara pertama silahkan buka web thebigboss.org/ ikuti petunjuk pengisian form dan cara ini sama seperti saat anda melakukan pendaftaraan di myrepospace dan Modmyi.com
Untuk cara mendaftarkan tema di repo BigBoss maupun ModMyi, silahkan buka halaman ini

Semoga membantu anda, selamat berkreasi. :)

1 Response to "Upload dan Buat tema sendiri di iPhone ?"

  1. kira - kira di smartphone android bisa tidak ya untuk membuat tema sendiri...
    pembersih timah

    ReplyDelete

wdcfawqafwef