Perbedaan Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8

Banyak pengguna baru Windows Phone bertanya-tanya, apasih perbedaan Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8? Bagi pengguna Windows Phone lama, kedua OS tersebut tidaklah begitu membingungkan, tapi bagi pengguna baru, hal ini menjadi tanda tanya besar. Itu bisa dimaklumi, karena secara kasat mata terlihat tidak ada perbedaan yang signifikan. Jadi apa saja yang membedakan Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8?

Tampilan

Secara tampilan, hampir tidak ada perbedaan yang berarti antara Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8. Kedua sistem operasi ini mendukung 3 tampilan tile, kecil, sedang dan besar. Kedua sistem operasi ini juga sudah mendukung live tile, meskipun kemampuan live tile Windows Phone 8 lebih baik daripada Windows Phone 7.8 yang sering ‘delay’.

Fitur

Fitur bawaan terlihat jelas berbeda, Windows Phone 8 meninggalkan si adik sangat jauh. Mulai dari fitur ‘kids corner’, lock screen yang lebih lengkap, tap+send, backup data, company apps, transfer file dengan bluetooth, screenshot, cek pulsa dll. Windows Phone 8 memang semakin berbenah, sangat jauh jika dibandingkan dengan Windows Phone 7.8 dalam fitur bawaan. Namun beberapa fitur bawaan Windows Phone 8 tetap bisa dinikmati oleh pengguna Windows Phone 7.8 walaupun harus menggunakan aplikasi tambahan.

Performa

Dari segi kemampuan, Windows Phone 8 lebih responsif. Hal ini bisa jadi karena dukungan hardware yang semakin baik. Dukungan aplikasi yang ada di Marektplace-pun semakin beragam, dikarenakan Windows Phone 8 sudah matang dan siap untuk bersaing dengan platform lainnya. Namun jika Kamu bukan ‘die hard’ user, kemampuan dari Windows Phone 7.8 sudah cukup untuk menangani kebutuhan komunikasi dan sosial media.

Masa Depan

Sudah jelas, Windows Phone 8 memiliki masa depan yang lebih baik. Dengan dukungan update hingga Windows Phone 9 dan seterusnya, membuat pengguna Windows Phone 8 bisa bernafas lega. Berbeda dengan Windows Phone 7.8 yang sepertinya akan mentok di versi ini. Jika Kamu adalah pengguna smartphone yang haus akan update, jelas Windows Phone 8 adalah pilihan tepat.

Kesimpulan

Jadi manakah yang harus dipilih? Windows Phone 8 atau Windows Phone 7.8? Jika dilihat dari segi fitur dan kemampuan, jelas Windows Phone 8 unggul dari berbagai penilaian. Namun sekali lagi, membeli sebuah gadget itu bukan karena keinginan, tapi lebih karena gadget tersebut bisa memenuhi kebutuhan. Jadi apa pilihan Kamu?

0 Response to "Perbedaan Windows Phone 8 dan Windows Phone 7.8"

Post a Comment

wdcfawqafwef