Pilih memakai repositori sendiri atau upload melalui repositori yang lain?

Repositori, atau semacam website atau URL namun yang di anotasikan melalui server Cydia yang telah terpasang pada iDevice jailbreak.

Ada beberapa bahkan ribuan repositori yang bisa anda tambahkan pada source Cydia, ini berguna untuk custom atau memodifikasi iDevice yang tentunya setiap repositori pasti mempunyai tweak atau tema yang tidak dimiliki oleh repositori.

Di Cydia sudah disesuaikan untuk pengguna yaitu bisa memilih User, Hacker atau Developer, ketiga pilihan tersebut adalah untuk menyesuaikan pengguna akan tidak terlalu banyak memunculkan tweak atau command tool yang diperuntukkan oleh pengembang atau developer saja.

Misal anda memilih User, maka pada menu "changes" akan menyaring atau filter hanya beberapa tema yang meliputi dari Font untuk mengganti Huruf, Tema sendiri untuk menggati tampilan Home Screen anda, atau beberapa Tweak untuk mengoptimalkan aplikasi pihak ketiga, untuk memudahkan anda tanpa harus masuk ke beberapa menu untuk mengaktifkan fitur tersebut. Sebagai contoh "BiteSMS" yaitu berguna untuk Quick Reply atau Membalas pesan dengan cepat tanpa harus masuk ke aplikasi pesan, bahkan anda bisa Mengirim pesan secara cepat tanpa masuk ke Aplikasi Pesan yaitu dengan cara mengaktifkan fitur "Activator" apabila dirasa anda kurang nyaman dengan pengaturan BiteSMS yang sudah terintegrasi didalamnya.

Nah, bagaimana dengan optimisasi dengan repositori, pilih memakai repositori sendiri atau upload melalui repositori yang lain?
Jika anda telah mempunyai repositori sendiri, keuntungannya adalah anda bisa mencoba tweak atau tema buatan anda sendiri sebagai Prototipe atau Purwarupa untuk dicoba pada iDevice anda sendiri sebelum anda mengunggah ke server Cydia, dengan catatan bukan menggandakan tweak milik pengembang yang dianggap tweak tersebut sebenarnya berbayar dan menjadikan gratis. Sah-sah saja jika anda menggunakan Crack supaya bisa dinikmati pengguna yang dirasa kesulitan untuk tweak yang berbayar.

Nah, bila anda memanfaatkan Repositori yang lain untuk mengunggah Tweak atau tema buatan anda sendiri keuntungannya yaitu, tweak, tema atau aplikasi buatan anda akan sangat bisa dinikmati oleh pengguna iDevice diseluruh dunia, tinggal anda meng-Gratiskan atau menjadikan berbayar, sama saja.

Apakah dari repositori sendiri tidak bisa dinikmati oleh penjuru dunia dari pemakai iDevice jailbreak?
Bisa saja, hanya terkadang biasanya cuma beberapa pengunjung saja, biasanya "Nama" menjadi sangat berperan penting, nama yang dimaksud adalah Repositori.



Apakah kita bisa menambah repositori sendiri? baik repositori pribadi maupun repositori dari pengembang yang lain?
Bisa saja, yaitu anda bisa menambahkan repositori sesuai selera anda yang mungkin anda menginginkan dari beberapa tweak atau command tool yang tidak tersedia dari official repo di Cydia, sebagai contoh "Activator" dari "rpetrich repo", Activator tersebut bila ada pemberitahuan Update saat anda membuka Cydia, berarti sang developer telah memperbarui tweak tersebut dengan versi yang baru. 

Apakah dari BigBoss repo juga akan terupdate?
Belum tentu, dan bisa saja. Artinya jika pengembang telah memperbarui tweak seperti "Activator" dari repositori miliknya sendiri yang sudah anda tambahkan di Cydia berarti anda tinggal memperbaruhinya.
Apabila anda tidak menambahkan repositori dari pengembang yang menyediakan repositori tersebut atau yang sudah tersedia dari "BigBoss", biasanya versi tersebut tidak akan meminta pembaharuan, "Jika pengembang sendiri tidak memperbarui atau mengunggah juga tweak tersebut ke Repositori BigBoss.

Apakah kelebihan dan kekurangan jika terlalu banyak memakai repositori?
Dari sisi kelebihan dengan menggunakan repositori yang diperlukan saja yaitu anda bisa menikmati dari apa saja yang baru baik tweak, tema dan lain-lain. Untuk kekurangannya yaitu saat pembaharuan database dari repositori yang anda tambahkan terlalu banyak, akan sangat menggangu pengunduhan database atau bahkan beberapa database dar repositori akan hilang biasanya akan ada notifikasi atau pemberitahuan "WOW" tandanya anda harus menghapus beberapa repositori yang anda anggap tidak perlu lagi.

Apakah, setelah tweak atau tema yang sudah terinstal akan hilang apabila kita menghapus repositori yang menyediakan aplikasi pihak ketiga tersebut?
Tidak, maksudnya aplikasi pihak ketiga baik itu tweak atau tema tidak akan hilang, namun anda tidak akan mendapatkan pembaharuan atau update jika pengembang memperbaruhi tweak buatannya.
Repositori dari bawaan Cydia atau Standar repositori yang bekerja sama dengan Cydia yang terkandung didalamnya adalah : ModMyi, BigBoss, Zod, atau Cydia/Telesphoreo, biasanya jailbreaker menyebutnya "Official". Akan tetapi jangan sekali-kali menghapus official repositori yang sudah ada.

0 Response to "Pilih memakai repositori sendiri atau upload melalui repositori yang lain?"

Post a Comment

wdcfawqafwef