Belajar Blog menjadi seperti penulis ?

Sebenarnya apa sih itu Blog ?
Blog adalah sebuah layanan aplikasi untuk situs yang mempunyai domain berakhiran "blogspot".
Maksudnya adalah, blog dulu sempat berdiri sendiri sebelum dibeli oleh perusahaan Google. dan blog adalah sebagai media menulis.
Untuk apa blog itu ?
Blog bisa anda jadikan sarana penunjang informasi bagi kebutuhan orang lain, dimana pada saat orang membutuhkan informasi yang dicari melalui penelusuran mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dan sebagainya, dan kegunaannya anda bisa berbagi cerita selain untuk menuliskan informasi baik, Teknologi, Entertainment, Olah raga atau apapun, yang terpenting anda bisa mengatur atau memilah untuk tiap perkategori dari tulisan anda.

Apakah sama saja dengan sosial media ?
Bisa iya bisa tidak, seperti yang telah pernah saya tuliskan pada halaman Pilih Ngeblog, Apa Nulis Status di sosial media?,  hanya saja yang membedakan adalah jumlah dari kapasitas juga pencarian sebuah tulisan, artinya begini, misal anda bisa saja berbagi informasi melalui Facebook dengan menulis di dinding anda yang biasa disebut "Update Status", namun pada saat pencarian sangat sulit menemukan dan biasanya akan tenggelam atau ketumpukan dengan tulisan anda yang baru, meskipun bisa anda tandai sebagai favorit. Namun bisa disiasati dengan menulis catatan yang telah disediakan oleh media sosial tersebut. Namun kebanyakan orang lebih cenderung memaparkan perasaan yang mereka alami pada saat itu, saat dimana, dengan siapa, sedang ngapain atau apalah.

 


Memang blog, atau Blogger adalah sebuah ajang karya tulis dan lebih mengedepankan informasi yang beredar dimasyarakat, seperti yang saya sampaikan diatas.

Kenapa harus Blog ?
Banyak sekali penyedia yang "Menyediakan" aplikasi penulisan ini sebut saja seperti "WordPress" akan tetapi sesuaikan dengan kenyamanan anda sendiri

Masih ingat jaman "Diary" ?
Ya, diary adalah sebuah media buku dan pena dijaman "Bapak" saya, hehehe.....
Hampir dan bahkan sama, yaitu lebih cenderung menuliskan sesuatu atau perasaam yang dialami oleh seseorang pada saat itu, "Nangis nulis, Dapet Duit nulis, dapet pacar nulis, putus cinta nulis, apa aja pokoknya, tapi berhubung saya cowok, saya tidak melakukan hal itu hehehe lagi.... :) LOL
Namun persaan yang ditulis pada saat itu bersifat lebih privasi atau hanya pribadi kita dan Tuhan yang tahu :), sangat berbeda sekali dengan jaman sekarang, semakin banyak orang menggunakan sosial media untuk memberi tahu perasaan yang mereka alami pada saat itu, misalkan apa? BBM ya.... BBM atau BlackBerry Messengger, dahulu media ini sering digunakan oleh Bussiness Man atau seseorang yang sangat penting atau sibuk dengan beberapa rekan kerja mereka saling bertukar informasi secara cepat, dan kini SMS pun banyak yang ditinggalkan.

Banyak sekali positif dan negatif dengan menggunakan sosial media
Positif yang didapatkan memang banyak, yaitu sebuah penyampai pesan saat berada dimana hanya dengan menggunggah foto atau tulisan, maka teman yang sudah bertukar PIN atau ID baik di Facebook maupun sosial media, 'PIN disini lebih kearah BBM', maksudnya adalah kita bisa bertukar informasi dan pertemanan yang sudah anda tambahkan maka akan mengetahui hal apa saja yang anda lakukan dengan mengikuti aktifitasnya. "Mengikuti Aktifitasnya" maksudnya adalah anda bisa mengetahui sedang apa teman anda saat ini tanpa harus kita menanyakan terlebih dahulu seperti jaman SMS. Hanya yang membedakan BBM dengan Facebook adalah, BBM lebih bersifat privasi atau personal yaitu jika anda sering melihat "Recent Update" kemudian Chat dengan seseorang yang sudah berganti Update, berarti lebih memasuki dunia privasi mereka, memang disinilah segi positifnya "Tanpa bermaksud Pamer", teman akan mengerti apa yang sedang anda lakukan sekarang ini. Jadi kalau menurut beberapa koresponden mereka lebih menyampaikan ruang privasi mereka ke Publik, sah dan hak setiap orang, akan tetapi sangat amat disayangkan apabila hal yang kurang pantas untuk disampaikan diketahui oleh banyak orang apalagi orang terdekat, seperti teman, sahabat atau keluarga, jadi sebagai pembatas atau pengendali diri sendiri adalah anda sendiri, seperti Diary dijaman Bapak :).


Dan Facebook lebih bersifat Publik yaitu bisa dilihat semua orang meski anda belum menambahkan pertemanan.  
Bagaimana orang lain bisa tahu ?
A berteman dengan B, C berteman dengan B, sedangkan C tidak berteman dengan A, pada saat B berkomentar atau menyukai sebuah tulisan anda, maka C akan mengetahui apa yang ditulis A dari  B.
Namun apabila A membatasi dengan siapa ia membagikan foto, tulisan maka tidak semua teman B akan mengetahui. Serupa namun tidak sama.
Berapa kali sehari anda berganti status ? bila kalimat perkalimat anda kumpulkan, sudah bisa anda terapkan di Blog atau WordPress atau bisa anda jadikan sebuah buku. :)

Kembali ke konteks blogger, nah semua kembali ke individu setiap orang untuk menyampaikan dari tulisan mereka, berbagi informasi yang menarik, itulah yang orang ingin tahu "bukan ingin tahu", mesin pencari pintar seperti Google akan merayapi setiap yang anda tulis, meski hanya satu Huruf saja atau satu kalimat, biasanya sering disebut Sugesti tulisan.

Semoga bermanfaat, matur nuwun.

1 Response to "Belajar Blog menjadi seperti penulis ?"

  1. pengen banget jadi bloger biar jadi seperti seorang penulis tapi harus punya ide ide kratif - kreatif juga...
    alat pencuci batu akik

    ReplyDelete

wdcfawqafwef