Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi

Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi - Simple, tapi banyak orang yang masih sering menanyakan "Bagaimana mengembalikan partisi SDCard Android seperti semula?". Itu mudah :)


Dengan menyimpan aplikasi Android di SDCard (memori eksternal) maka beban dari memori internal akan sedikit berkurang dan pastinya akan lebih lega ukuran kapasitasnya walaupun ada 50 aplikasi third party yang terinstal di Android itu.

Saya memakai Xperia Mini, memori internalnya 420MB. Dengan aplikasi pihak ketiga yang totalnya ada sekitar 34 buah (aplikasi-aplikasi seperti WhatsApp, LINE, WeChat, Kakao, Friendcaster Pro, Game, DLL) memori internal saya masih sisa hampir 300MB. Padahal sudah bisa dipastikan 34 aplikasi tersebut bila ditotal bisa sampai 400MB.

Demi memperlancar itu semua tidak serta merta kita bisa mempartisi sembarang SDCard lalu kita pakai untuk media itu. Ada kriteria tersendiri supaya performa Android kita tetap lancar yang semua itu sudah saya rangkum di Cara Memilih SDCard Untuk Android.

Kembali lagi ke topik, sebelumnya saya pribadi tidak tahu apa alasan anda ingin menghapus partisi yang sudah anda buat.

Entah karena anda gagal dalam memindah aplikasi Android ke memori eksternal atau anda ingin menjual smartphone anda saya tidak begitu paham. Tapi yang jelas disini bila anda ingin Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi otomatis saya pastikan anda sudah bisa mempartisi SDCard.

Cara mengembalikan memori Android yang sudah dipartisi, sama seperti pada saat anda mempartisi SDCard. Step nya juga menggunakan MiniTool Partition Wizard (kecuali untuk yang membuat partisi menggunakan CWM Recovery)

Caranya sebagai berikut,
  • Pertama backup seluruh isi SDCard anda kedalam komputer karena kita akan menghapus seluruh partisinya. Kalau tidak dibackup, nanti semua data SDCard anda bisa hilang
  • Kemudian buka MiniTool Partition Wizard
  • Bila anda sudah membuat partisi kedua sebelumnya, kira-kira tampilannya seperti pada screenshot berikut,
Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi

* Lihat saja structure nya jangan melihat kapasitas nya karena itu hanya memori eksternal khusus untuk percobaan
  • Untuk mengembalikan memori Android yang sudah dipartisi, klik kanan pada partisi tersebut kemudian Delete
Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi
  •  Lakukan hal tersebut ke partisi yang satunya lagi sehingga semuanya menjadi Unallocated
Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi
  •  Tahap terakhir, bisa anda lakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan saya :) Klik kanan pada drive yang Unallocated tersebut kemudian pilih Create
Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi

Beres.

Sampai disini seharusnya anda sudah mempunyai bayangan mau jadi apa SDCard anda nanti :)

Itu lah tutorial singkat Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi atau lebih tepatnya menghapus partisi SDCard yang sudah kita buat. Bila ada yang masih kurang jelas / sukar dipahami bisa anda tanyakan di kolom komentar dibawah.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 Response to "Mengembalikan Memori Android Yang Sudah Dipartisi"

Post a Comment

wdcfawqafwef