Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet

Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet - Sekitar dua minggu yang lalu saya membeli sebuah handheld baru dengan vendor yang sama seperti sebelumnya yakni Sony Ericsson Xperia Mini ST15i. Alasannya ya karena ingin upgrade saja meskipun sempat pada waktu saya mengatakan 'saya ingin beli Xperia Mini' ada beberapa orang bertanya apa iya kalau saya itu sukanya yang mini-mini padahal aslinya enggak juga. Hanya kebetulan mungkin.

Sebelumnya, saya memakai Sony Ericsson Xperia X10 Mini E10i sudah hampir satu tahun. Waktu itu saya belinya dua hari setelah Idul Fitri. Sebelum itu juga saya sempat memakai Sony Ericsson Xperia X8 E15i beberapa bulan namun karena kondisinya sangat tidak mendukung (pada saat itu saya masih prakerin 3 bulan di kota Gresik) akhirnya saya jual dan menunggu waktu yang tepat untuk mencari yang lebih layak lagi.

Memang dari hari ke hari seolah-olah jenis smartphone Android itu terus beranak tiada henti. Hari ini muncul smartphone murah Quad-Core, besok lusa muncul smartphone bermerek dengan fitur bisa berbicara sendiri, besoknya lagi muncul smartphone yang bisa di gerakkan hanya dengan gerakan mata, katakan seperti itu. Tapi setiap orang pasti lah mempunyai pegangan sendiri-sendiri mengenai vendor favorit dan sejak dulu saya sudah mantap pilih Sony.

Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet

Sampai detik ini X10 Mini masih menjadi smartphone Android pertama nya dengan ukurannya yang paling kecil a.k.a Mini. Dengan ukurannya yang hanya sebesar itu bisa dibayangkan kan bahwa spesifikasinya pun pasti juga Mini? Hanya saja kamera nya itu yang lumayan tangguh bila dibanding dengan smartphone sekelasnya.

Di waktu saya menggunakan X10 Mini, kendala yang paling saya rasakan berada di baterai. Bukan karena baterainya itu dipasang menyatu dengan mesin akan tetapi kapasitas baterainya itu yang tergolong sangat kecil untuk Android. Kira-kira hanya sebesar 940mAh saja. Bisa anda bayangkan betapa borosnya bila dipakai untuk internetan.

Meskipun kita memakai trik menghemat baterai Android atau install tweak untuk menambah umur baterai dan kecepatan internet Android sepertinya tidak cukup berpengaruh. Malah bisa jadi pada akhirnya bukan menambah manfaat tapi justru menambah masalah baru.

Setiap saat saya online Facebook, Whatsapp, LINE, WeChat, dan lain-lain. Jadi mau tidak mau internet Android saya harus ON terus.

Lantas bagaimana cara saya supaya baterai Android saya menjadi sedikit lebih hemat? Caranya cukup gampang. Rubah Network Mode Android anda menjadi GSM Only. Niscaya walaupun internet anda terus menyala dari pagi hingga petang, baterai Android anda akan tetap hemat.

Dengan memakai GSM Only, kita mengalihkan jaringan 3G / HSDPA yang lumayan memakan banyak daya itu ke GPRS / EDGE yang lebih ramah energi dan lebih stabil. Soal kecepatan internet GPRS / EDGE, itu tidak terlalu menjadi masalah. Walaupun sinyalnya EDGE tapi lumayan kencang juga untuk browsing & bersosial media.

Bila menggunakan jaringan HSDPA + internet dinyalakan, kira-kira hanya sekitar 3 jam Xperia Mini saya bisa bertahan. Sedangkan pada jaringan EDGE + internet dinyalakan bisa menyala dari pagi hingga dini hari.

Jadi hanya itu saja rahasia Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet bagi saya.

Apakah anda juga sudah melakukan hal yang sama seperti saya ini?

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

1 Response to "Cara Menghemat Baterai Android Bagi Pecandu Internet"

  1. boleh juga ini caranya , apalagi suka streaming youtube berjam jam...
    flexibel kamera

    ReplyDelete

wdcfawqafwef