Mengatasi Error Pada Theme Chooser

Mengatasi Error Pada Theme Chooser - Satu lagi hal konyol yang baru kali ini saya alami selain Error MD5 Mismatch Karena Iseng Mengganti Nama Folder Backup ROM yakni error pada waktu mengganti tema di Theme Chooser.

Awal mula saya memakai Xperia Mini ST15i tepatnya dua mingguan yang lalu, hal pertama yang saya lakukan semenjak buka kardus yakni rooting (*baca Cara Root Sony Ericsson Xperia Mini ST15i) dan unlock bootloader. Selanjutnya ganti kernel (*baca Cara Ganti Kernel Android Melalui Fastboot Mode) dan flash custom ROM lalu oprek. Tidak perlu install CWM Recovery ataupun TWRP Recovery karena sudah tersedia oleh fitur bawaan kernel.

Yang saya pakai yaitu custom ROM ICS dimana Xperia Mini ini tergolong Xperia 2011 yang awal mulanya memakai Android seri Gingerbread dan kini mendapatkan update resmi ke ICS beberapa bulan silam. Hingga hari ini pun masih custom ROM ICS yang saya pergunakan. Masalahnya untuk custom ROM lain seperti custom ROM Jelly Bean kebanyakan masih nightly terlebih Jelly Bean versi 4.2.2.

Tapi lain ceritanya ketika kemarin saya menemukan sebuah custom ROM JB 4.2.2 untuk Xperia Mini dan Xperia 2011 lain buatan asli orang Indonesia -- Wonosobo, Jawa Tengah --, namanya Hepta eRRo ROM. Sebetulnya sudah sejak beberapa hari kemarin saya memantau ROM ini. Tapi masih belum sempat mau nyicip. Kesempatan nyoba baru datang hari ini.

Dari beberapa custom ROM JB 4.2.2 yang tersedia, yang paling menarik hanya lah ROM ini. Kebanyakan ROM JB 4.2.2 lain masih memiliki beberapa bug misalnya saja seperti Radio FM sedangkan ROM ini mengatakan hal yang sebaliknya.

ROM ini sudah dilihat lebih dari 50.000 view dengan lebih dari 500 komentar dan 5000 download hanya dalam kurun waktu satu bulan.

Hepta eRRo ROM lumayan ringan. Ukurannya kurang dari 87MB (tidak termasuk GApps). Testimonial dari user yang sudah merasakan Hepta eRRo mantab semua. Ditambah lagi fitur yang disajikan & dilihat dari screenshot-screenshot nya juga meyakinkan. Tak ada salahnya saya mencoba ROM ini.

Ya secara keseluruhan memang keren sih :) ROM nya bener-bener smooth (sama seperti yang ada di deskripsinya). Hemat RAM juga. Sudah saya installin beberapa aplikasi sosial seperti LINE, Whatsapp, Kakao, WeChat, Friendcaster, Instagram, dan utility-utility lain RAM nya tetap enteng. Bila saya boost menggunakan XBooster bisa free sampai 246MB padahal itu sudah on selama berjam-jam (bukan dihitung dari awal booting langsung boost).

Mengatasi Error Pada Theme Chooser

Kendalanya tadi cuma ada di Torch nya yang awalnya gak mau nyala dan ternyata memang karena saya salah memilih Dev file nya. Ternyata Dev nya sudah update lagi.

Tapi malam ini lain. Ada satu kendala lain muncul yakni pada Theme Chooser.

Seperti ini,

Mengatasi Error Pada Theme Chooser

"This theme was improperly compiled and cannot be applied."

Mulanya saya mengira karena saya salah men-download tema. Mungkin saya salah men-download tema yang harusnya (misal) HDPI tapi MDPI yang saya download.

Kemudian saya cari lagi tema CM10 lain yang sekiranya work di ROM ini. Tapi hasilnya sama. Saya pun mulai berpikir ini apanya yang salah :p

Karena saya sadar ini bukan kesalahan tema nya, langsung saya saya search di Google. Saya isi search form nya Google dengan keyword "This theme was improperly compiled" -- tidak lengkap karena saya tahu Google itu pintar --

Tak berapa lama setelah scroll down scroll up akhirnya saya temukan solusinya.

"This theme was improperly compiled and cannot be applied" terjadi karena density layar Android kita tidak sinkron dengan tema Theme Chooser. Rata-rata hal ini terjadi pada smartphone Android ber-density 160. Selain itu jarang.

Untuk mengakalinya supaya berjalan dengan normal, mudah. Rubah saja density nya. Cara merubah density Android bisa menggunakan aplikasi density changer yang bisa di download gratis di Google Play.

Saya pribadi memakai aplikasi Font Changer untuk merubah font Android. Tinggal masuk ke Font Changer nya, klik tombol opsi lalu edit density nya.

Tidak perlu merubah ke value tertentu. Cukup kurangi satu angka saja misal 160 rubah menjadi 159 sudah bisa. Bila mengurangi nya terlalu besar misalkan saja 160 ke 120, maka tampilan layar Android anda bisa jadi akan berantakan dan saya tidak bertanggung jawab atas itu semua.

Setelah merubah value nya, tekan apply dan reboot.

This theme was improperly compiled and cannot be applied

This theme was improperly compiled and cannot be applied

Baru lah setelah reboot selesai anda bisa merubah tema Theme Chooser sesuai yang anda inginkan.

Mengatasi Error Pada Theme Chooser

Mengatasi Error Pada Theme Chooser

Simple bukan? Jangan lupa untuk mengembalikan density Android anda seperti semula bila anda sudah selesai mengganti tema Android Theme Chooser.

Sudah, baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 Response to "Mengatasi Error Pada Theme Chooser"

Post a Comment

wdcfawqafwef