Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data - Kita semua tahu bahwa Andoid bisa memanfaatkan partisi kedua dari SD Card kita untuk menyimpan dan menaruh aplikasi-aplikasi third party yang terinstal guna meringankan beban memori internal dan melegakan memori internal serta menambah kinerja Android.

Beberapa tutorial yang berkaitan dengan partisi SD Card juga sudah banyak saya ulas di blog ini. Sebagai contoh yang paling dasar ialah Tutorial Membuat Partisi SD Card Untuk Android Menggunakan MiniTool Partition Wizard dan Tutorial Membuat Partisi SD Card Untuk Android Melalui CWM Recovery. Tutorial lainnya seperti Cara Menggunakan Partisi SD Card Android di Link2SD, Install Link2SD Android Memakai Partisi EXT3, Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2, Mengembalikan Memori Android yang Sudah Dipartisi Seperti Semula, dan lain-lain.

Tapi masih ada lagi yang belum saya bahas. Ini merupakan salah satu tutorial yang juga sering sekali dipertanyakan oleh para pengunjung. Pertanyaannya simple. "Bagaimana cara merubah ukuran second partition SD Card Android kita? Alasan ingin merubah karena saya terlalu besar membuat partisi kedua blablabla"

Sebetulnya membuat second partition itu tidak usah terlalu besar. Saya yakin 'mubadzir'. Meskipun SD Card anda kapasitasnya besar misal 32GB, tidak usah bikin partisi yang besar pula misal 4GB. Hal ini juga berlaku untuk virtual memory (baca : Menambah RAM di Android dengan SWAP). Mentang-mentang memori eksternal nya 32GB virtual memory nya dibuat 2GB biar RAM nya gede padahal itu salah kaprah. #Tertawa

Partisi Android yang dikhusukan untuk menempat aplikasi third party, rekomendasinya antara 500MB sampai 1GB. Tapi tolong jangan tepat 1GB karena itu sebetulnya sudah mem-mubadzirkan SD Card. 52 aplikasi pribadi saya hanya memakan 390MB saja di second partition.

Tutorial ini saya peruntukkan bagi anda yang memiliki masalah ukuran partisi kedua SD Card. Barangkali anda sedang mencari tutorial ini, silahkan simak step by step nya dibawah ini.
 
Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data
  • Pertama yang harus dicatat, teknik yang saya pakai yaitu teknik DRR (Delete Resize Recreate). Alasannya karena mem-backup second partition itu sulit
  • Kedua, karena kita nanti akan menghapus partisi kedua alangkah baiknya anda backup dulu seluruh aplikasi Anda kemudian delete saja semua --supaya nanti tidak timbul error pada Link2SD--. Backup aplikasi bisa memakai Titanium Backup. Untuk cara Restore aplikasi menggunakan Titanium Backup ada disini. *Bila anda memakai partisi EXT akan sangat mudah sekali. Rahasianya tidak akan saya kasih tahu disini. Silahkan hubungi akun sosial saya 
  • Ketiga, pastikan MiniTool Partition Wizard sudah terinstal di perangkat desktop anda
 
Langkah I : Buka MiniTool Partition Wizard

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Setelah anda buka software utamanya, disana akan terlihat drive SD Card anda beserta partisi-partisinya


Langkah II : Delete Partisi Kedua SD Card

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Arahkan cursor anda ke second partition SD Card, klik kanan pilih Delete sehingga hasilnya akan berubah menjadi Unallocated

Langkah III : Resize Partisi Pertama SDCard

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Geser cursor anda dan klik partisi pertama, arahkan ke menu Move/Resize yang ada di tab bagian atas atau langsung saja klik kanan partisi pertamanya

Langkah IV : Atur Kapasitas Partisi SD Card

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Perhatikan gambar diatas ini dan juga gambar-gambar sebelumnya. Saya mempunyai second partition dengan kapasitas 1000MB. Bila saya tekan Move/Resize pada partisi pertama, ukurannya tertulis 6576MB.

Saya ingin merubah ukuran partisi kedua menjadi setengahnya yakni 500MB. Jadi otomatis value 6576MB tadi saya tambah 500MB sehingga totalnya menjadi 7076MB (6576 + 500 = 7076)

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Langkah V : Recreate Partisi Kedua SD Card

Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data

Tahap terakhir, buat sebuah partisi lagi sesuai keinginan anda.

Selesai :)

Demikian Tutorial Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data ini.

Semoga bermanfaat.
 
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 Response to "Cara Merubah Ukuran Partisi SD Card Android Tanpa Menghapus Data"

Post a Comment

wdcfawqafwef