Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

Bahaya Radiasi Handphone Bagi Kesehatan

Sebelum beranjak jauh mengenai cara mengurangi bahaya radiasi Handphone, sebaiknya Anda tahu bahaya yang diakibatkan oleh radiasi handphone. Ada beberapa bahaya radiasi Handphone untuk kesehatan manusia dimana akan bisa merusak sistem otak. Karena seringnya penggunaan handphone pada telinga dan mendekat pada otak. Beberapa studi dan penelitian membuktikan bahwa radiasi handphone akan bisa menyebabkan resiko tumor otak bila terlalu lama menggunakan HP. Selain itu rentan terhadap kanker, terbukti secara ilmiah radiasi handphone dapat merusak dan mengeringkan otak lambat laun kerusakan terjadi pada membran otak dan selanjutnya akan memicu kanker. Dan masih banyak lagi resiko fisik dan psikis yang ditimbulkan dari radiasi handphone. Lalu bagaimana mencegah atau mengurangi Radiasi Handphone yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ulasan InfoTech Review tentang Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone untuk kesehatan Anda.
Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone

Handphone memang sangat penting untuk memudahkan berkomunikasi jarak jauh, namun dibalik itu ada ancaman radiasi sinyal yang tidak baik untuk kesehatan, namun selalu ada saja cara mengurangi bahaya radiasi. Kita bisa saja mencegah dengan tidak menggunakan alat komunikasi tersebut seperti kehidupan masyarakat pedalaman dengan kearifan lokal dan larangan-larangan adat yang masih kuat mengikat meski zaman sudah bukan lagi di era Tarzan, namun lingkungan kita penuh juga dengan radiasi pancaran sinyal dan tuntutan zaman masyarakat modern yang mengharuskan menggunakan alat komunikasi tersebut. Lalu bagaimana seharusnya? Agar radiasi HP tidak megancam kesehatan Anda. Berikut Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone;

1. Gunakan Mode Terbang atau Flight Mode di HP

Kebanyakan HP atau smartphone modern seperti OS Android, IOS, Blackberry dan Windows Phone menyediakan fitur mode terbang untuk menonaktifkan sinyal jaringan, baik masuk ataupun keluar. Ini juga bisa kita manfaatkan untuk mengurangi radiasi HP ketika kita tidur dan sedang tidak menggunakan jaringan mobile, seperti menonton video offline, mendengarkan musik dan kegiatan di HP yang tidak membutuhkan jaringan. Karena Flight Mode akan menon aktifkan jaringan seluler dan jaringan data, jadi Anda aman dari radiasi. ebenarnya fungsi flight mode digunakan didalam pesawat on board disaat melakukan penerbangan dimulai dari take off dan landing sempurna, maka fitur flight mode ini digunakan agar tidak menggangu sistem navigasi dan komunikasi pesawat terbang.

2. Matikan Handphone
Jika memang saat tidak penting digunakan Anda bisa mematikannya, agar jaringan tidak bekerja dan radiasi pun tidak terpancar. Ini bisa dilakukan saat ingin tidur, dan saat melakukan aktifitas yang membutuhkan kosentrasi tinggi.

3. Gunakan Headset saat Berkomunikasi dengan waktu yang lama
Setiap Handphone atau smartphone yang Anda beli pasti tersedia headset, selain berfungsi untuk mendengarkan musik secara personal atau private, headset berfungsi sekali untuk mengurangi radiasi disaat berkomunikasi, dengan menggunakan headset paling tidak telinga sebagai alat mendengar komunikasi kita tidak terlalu dekat dengan otak, sehingga menjauhkan radiasi disaat kita berkomunikasi dengan waktu yang lama dimana biasanya akan membuat telinga panas setelah berkomunikasi lama tanpa menggunakan headset. Itulah salah satu manfaat headset handphone diciptakan oleh produsen handphone.

4. Gunakan Fitur Loadspeaker

Loadspeaker akan membuat komunikasi Anda akan terdengar oleh orang lain yang berada disekitar Anda, namun cara mengaktifkan fitur Loadspeaker saat berkomunikasi mampu mengurangi radiasi langsung, meskipun radiasi itu tetap ada namun mampu mengurangi radiasi secara langsung yang bisa membahayakan kesehatan.

Teknologi akan terus berkembang dengan cepat, mau tidak mau sudah memaksakan kita untuk mengikutinya, karena memang teknologi diciptakan agar hidup lebih efektif dan efesien namun kita harus lebih memikirkan teknologi yang ramah buat lingkungan, baik itu manusia, hewan, dan bumi. Dengan ramah lingkungan semua tetap terjaga keseimbangan dan akan hidup lebih lama dan berarti.

Itulah 4 Tips dan cara mengurangi bahaya radiasi handphone yang bisa menggangu kesehatan manusia. Semoga tips dan car aini bisa Anda peraktekan sekarang guna mengurangi bahaya radiasi.

0 Response to "Tips dan Cara Mengurangi Bahaya Radiasi Handphone"

Post a Comment

wdcfawqafwef