Safe Mode : Alternatif Stuck Boot Logo sebelum anda berpikir untuk jalan Restore

Apakah Restore, menjadi jalan satu-satunya ?
Banyak sekali orang berpikir bahwa tweak dari Cydia harus selalu diperbaruhi saat pengembang menggunggah versi terbaru mereka, sebenarnya menaikkan sebuah versi belum tentu juga membuat perangkat kita menjadi jauh lebih baik bahkan kadang kesalahan fatal bisa berakibat anda harus berpikir ulang serta menghabiskan waktu untuk restore iPhone anda.

Jika anda menemukan kejanggalan yang anda rasa stuck atau berhenti berpikir untuk mengembalikan iPhone dalam kondisi segar kembali dengan jalan restore, restore memang jalan satu-satunya menyelesaikan masalah mulai dari awal kembali, namun jika anda mengalami masalah seperti saat anda mengunduh atau menaikkan versi tweak dari versi yang baru dan berakibat Stuck Boot Logo atau dengan istilah BootLoop dengan ditandai logo Apple. Mungkin berikut ini bisa menyingkat waktu anda tanpa harus berpikir keras kembali.

Tanda - tanda saat iPhone anda mengalami masalah, setelah anda Update atau mengunduh tweak yang anda belum pernah alami, biasanya saat selesai download dan instal tweak, kita akan menemukan tombol "Respring SpringBoard" dari Cydia kemudian :

  1. iPhone akan menunjukkan tanda loading beberapa detik saja, maka Tweak tersebut bisa dikatakan aman atau tidak ada masalah akan masuk boot kembali.
  2. Jika loading menunjukkan tanda yang sangat lama atau terus berputar - putar maka tweak tersebut mengalami masalah, bisa karena crash atau bentrok dengan tweak lain, atau bisa juga Change Log Update tweak tersebut mengalami kerusakan. 

Bila tweak mengalami masalah namun anda masih bisa masuk ke menu layar iPhone tetapi ditunjukkan dengan pemberitahuan "we apologize for any inconvenience, but SpringBoard just a crashed", tekan saja "OK" dan anda bisa langsung menghapus tweak bermasalah tersebut dari Cydia. Namun jika iPhone anda tidak bisa menemukan jawaban karena tidak bisa masuk ke layar utama seperti Nomor 2 diatas, ada cara lain yang mungkin masih bisa diatasi.
Bagaimana mengatasinya ?
  1. Yang anda lakukan hanya cukup tekan dan tahan secara bersamaan yaitu tombol Lock dan Home Button. Lepaskan kedua Lock dan Home Button, setelah muncul Apple Logo,
  2. Jika iPhone belum menunjukkan tanda masuk Home Screen atau Stuck BootLogo, jangan tergesa-gesa untuk Restore iPhone anda. 
  3. Ulangi Cara namor satu, yaitu tekan Home dan Lock secara bersamaan, saat sudah muncul logo Apple tekan Volume Atas, sampai iPhone benar - benar menunjukan masuk ke menu layar atau dengan istilah "Safe Mode"
  4. Buka Cydia kembali dan Hapus Tweak yang terakhir anda instal atau hasil dari Update tweak tadi sampai selesai.
  5. Saat perintah Cydia menunjukkan "Respring Springboard" abaikan saja, keluar dari Cydia dengan menekan tombol Home.
  6. Jika anda memasang Mobile Terminal, silahkan buka aplikasi tersebut dengan perintah : mobile$ :su, password : alpine ( jika anda belum mengubah ), ketik : reboot.
  7. Jika anda tidak memasang Mobile Terminal, lakukan saja seperti cara diatas seperti langkah nomor 1 "tekan dan tahan secara bersamaan yaitu tombol Lock dan Home Button".
  8. Jika iPhone bisa masuk kembali ke layar utama atau home Screen seperti sebelumnya, selamat anda tak perlu lagi melakukan restore.
Mungkin tips diatas bisa memberikan tambahan, tanpa harus restore yang akan menguras waktu anda, akan tetapi jika solusi diatas tidak menemukan jawaban, Restore tetap menjadi jalan satu-satunya.:)


0 Response to "Safe Mode : Alternatif Stuck Boot Logo sebelum anda berpikir untuk jalan Restore"

Post a Comment

wdcfawqafwef