Tips Meningkatkan Performa HP Android Pada RAM dan Internal Memori Kecil

Tidak semua HP Android memiliki performa yang baik, karena setiap HP Android mempunyai spesifikasi yang berbeda, dan berbeda-beda pula performanya. HP Android low end tentu memiliki performa yang tidak optimal jika RAM dan memory penyimpanan internal terlalu kecil, ditambah lagi dengan banyaknya file yang didownload dan aplikasi yang dimainkan maka akan mengurangi kecepatan HP Android Anda, dengan demikian performa Android pun menurun dan tidak maksimal.

InfoTech Review akan berbagi tip dalam meningkatkan performa Android pada RAM dan internal memori yang kecil. Dengan meningkatkan performa HP Android tentu kinerja Android juga akan cepat dan maksimal dalam penggunaannya. Berikut ini Tips Meningkatkan Performa HP Android Pada RAM dan Internal Memori Kecil;

Tips Meningkatkan Performa HP Android Pada RAM dan Internal Memori Kecil

Tips Meningkatkan Performa HP Android

1. Pindahkan Internal memori Ke SD card (Eksternal Memori)

Memindahkan file data bahkan aplikasi dari internal memori ke SD card akan mengurangi beban pada sistem Android, sehingga mampu bekerja dengan cepat. Cara pemindahannya bisa dengan Copy ke SD Card, bisa juga dengan menggunakan komputer dengan menghubungkan HP atau Tablet Android melalui Kabel Data USB, atau bisa memilih Aplikasi Android AP2SDuntuk memindahkan aplikasi ke SD Card agar semua aplikasi yang kita install bisa terpasang di eksternal memori tanpa membebani Internal storage yang semakin lama semakin penuh. Namun tidak semua aplikasi yang sudah terpasang di Android smartphone bisa Anda pindah ke eksternal memori.

2. Hapus Pemasangan (Uninstall) Aplikasi yang Tidak Penting

Semua aplikasi memang penting berdasarkan kapan aplikasi itu dibutuhkan, namun jika aplikasi itu tidak saat dibutuhkan dalam artian jarang digunakan maka sebaiknya hilangkan saja dari HP Android dengan Uninstall dari HP Android agar performa Android meningkat.

3. Hapus File Ganda

Dalam HP android pasti ada file duplikat yang akan membebankan memori Android, nah untuk itu sebaiknya gunakan Aplikasi Pencarian Duplikat File di Play Store lalu kemudian hapus salah satu file tersebut.

4. Gunakan Cloud Storage

Layanan ini mungkin sudah mulai digunakan oleh pengguna teknologi. Layanan cloud storage adalah layanan penyimpanan melalui jaringan yang disedikan oleh pihak yang menyedikan jasa cloud untuk tempat penyimpanan dan back up data file secara online. Kita bisa menyimpan data dari Android ke Cloud storage, seperti Dropbox, Google Drive, SkyDrive adalah contoh layanan cloud. Kedepannya Teknologi Cloud akan terus berkembang dimana gadget hanya akan sebagai alat untuk menjalanlkan aplikasi dan untuk penyimpanan hanya dibutuhkan layanan cloud, jadi data akan lebih aman tanpa dibawa-bawa pada gadget. Kesimpulannya layanan cloud storage sudah menjadi tren pada platform Android, dengan demikin dengan cloud storage semua pemberkasan data bisa dimasukkan di cloud storage tanpa harus membebani internal Storage dan Eksternal Storage, sehingga Android lebih cepat.

5. Hapus Histori dan Cache Untuk Semua File dan Aplikasi

Dalam penggunaan Android, baik itu akses internet melalui browser, penggunaan Aplikasi akan meninggalkan bekas file akses data, temporary file dan history sehingga lambat laun RAM dan memori penyimpanan akan akan mulai penuh sehingga memperlambat kinerja HP Android. Membersihkan Cache adalah cara untuk mempercepat performa Android. Untuk cara menghapus history dan cache di HP Android Anda bisa gunakan aplikasi Android Cache Cleaner Easy untuk bisa menghapus semua bekas file tidak terpakai yang menyampah di HP Android. Atau Anda bisa menghapus data history dan cache di browser Chrome jika Anda menggunakan aplikasi Chrome.

Tips ini selain bisa diterapkan pada HP Android yang low end bisa juga untuk HP Android Mid-End untuk mempercepat performa Android yang terkadang mulai melambat. Semoga tips ini bisa memberi jawaban atas tidak maksimalnya HP Android Anda dikarenakan RAM dan Internal Storage yang rendah dan tips ini bisa juga dicoba untuk Tablet Android agar performa meningkat.

Baca Juga  Tips Memilih Paket Internet Terbaik untuk Android Smartphone, Tablet dan Modem

Silakan bantu share jika Tips ini bermanfaat untuk Anda dan Orang lain mungkin mengalami hal yang sama.

0 Response to "Tips Meningkatkan Performa HP Android Pada RAM dan Internal Memori Kecil"

Post a Comment

wdcfawqafwef