Cara Menyalin Aplikasi Android ke Android Lain

Cara Menyalin Aplikasi Android ke Android Lain - Alkisah disebuah kampus yang masih dalam tahap pengembangan karena baru beberapa tahun berdiri terdapat seorang mahasiswa yang sedang bingung karena ada sebuah tugas dari bapak dosen yang menyuruh untuk browsing mencari module Dasar-dasar Mengoperasikan Ubuntu Dekstop sebagai bahan belajar bersama. Mengingat pada waktu itu sedang tidak berada di lab komputer alias sedang berada di ruang kelas, para mahasiswa mencari tugas tersebut via mobile masing-masing.

Disela-sela kesibukan para mahasiswa, ada salah seorang mahasiswa yang terlihat gelisah tak jelas perilakunya. Digenggamnya sebuah smartphone Xperia L berwarna putih hitam yang sejak awal diberikannya tugas dari bapak dosen hanya diputar-putar saja dengan tangan kanannya. Entah apa yang ia lakukan karena ia terlihat sendiri tak punya teman dan duduk dibarisan bangku paling sudut kanan belakang. Walhasil dengan perasaan yang kebingungan juga saya hampiri mahasiswa itu sambil bertanya,

"Hee kon lapo seh? Ono masalah po'o? Arek-arek podo ndelengi sampean iko lo"

"Iki lo kek.. Jane ra ono opo-opo. Hapeku ra iso digawe internetan. Ra ono paketan internete. Ra gablek pulsa"

"Yo tukuo pulsa kono to yaa.. Ngonoe syusah"

"Rup*mu kene ra nduwe duit kek. Aku maeng ra disanguni mbok ku. Duit kari 8000 entek kanggo tuku bensin. Sing 1000 wes tak gawe tuku rokok mau isuk nang warung ngarep. Ngono e yo sik ono sing arep utang ning aku. Berhubung aku ra nduwe duit yo tak omongi heh duitku entek. Lha kok malah dipekso arep dijotosi aku kek. Wonge mesoh- mesoh ra jelas karo klambiku dicandak ngasi molor kaos njeroku"

"Sopo sing takok"

"Janc*k!"

"Rup*mu!"

Obrolan mereka terhenti sejenak karena suasana menegang. Tak berapa lama kemudian,

"Kon pengene opo?"

"Aku pengen iso browsing-browsing koyo sampean. Utowo paling ora aku nduwe halaman save page e tugas ndek maeng ning Opera ku"

"Gampang. Gorene hapemu. Tak wei save page ku. Wes ojo nangis"

"Janc*k! Piye carane?"

Singkat cerita, mahasiswa yang bingung karena kesulitan koneksi internet itu ingin tugasnya cepat diselesaikan. Saya hanya bisa tertawa dalam hati. Bukan bermaksud merendahkan, hanya saja tampangnya yang begitu seram (kata orang jawa prendos) ternyata lucu juga kalau sedang galau. 

Dikarenakan saya sudah memiliki save page tugas diatas di Opera Mini saya, dengan sedikit trik pada akhirnya Opera Mini saya itu bisa berpindah ke handphone mahasiswa tersebut. Walhasil ia mendapatkan tugas yang ia mau dan pada akhirnya ia dapat menyelesaikannya tepat waktu. Namun saya harus menghapus cache-cache yang tersimpan karena kalau tidak, login Facebook, Twitter, Blog dan lain-lain yang tersimpan bisa dibuka dengan leluasa olehnya (karena Opera Mini nya sama halnya kloningan dari handphone saya).

Cara Menyalin Aplikasi Android ke Android Lain

Kasus seperti ini mengingatkan saya pada kejadian beberapa waktu yang lalu tentang tutorial cara menyalin aplikasi Android dari Android satu ke Android lainnya. Kita bisa memindahkan atau menyalin aplikasi Android A ke Android B dengan mudah. Caranya, backup saja aplikasi yang dimaksud menggunakan Titanium Backup (recommended). Sesudah aplikasi dibackup, data dari aplikasi itu akan masuk kedalam folder /sdcard/TitaniumBackup/. Silahkan salin folder tersebut ke sdcard handphone yang akan menerima aplikasi itu. Kemudian tinggal di restore dan beres. Aplikasinya jadi sama :)


Semoga bermanfaat. Mohon maaf bila ada kata-kata yang tidak mengenakkan untuk didengar. Just for sharing.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

0 Response to "Cara Menyalin Aplikasi Android ke Android Lain"

Post a Comment

wdcfawqafwef