Mengenal Sejarah Sistem Operasi Android

Sejak Tahun 2005 Sistem operasi Android sudah dikembangkan menjadi sebuah sistem operasi yang sebelumnya dikembangkan oleh Android Inc dan kemudian diambil alih oleh Google Inc untuk mengembangkan Android menjadi sebuah Sistem Operasi perangkat di handphone dan tablet dimana pada saat itu dominasi Sistem Operasi Symbian yang melekat pada Nokia masih berjaya dan belum lagi saingan terberat dari Apple dengan smartphone iPhonenya dan RIM dengan BlackBerrynya. Dan pada tahun 2008 Android resmi menjadi OS di Handphone. Lihat saja Sistem Operasi Android dari versi pertama kali rilis ditahun 2007 sampai versi sekarang Android KitKat.

Mengenal Sejarah Sistem Operasi Android

Android adalah sistem operasi yang bersumber terbuka atau sering dikenal dengan open source yang sistem operasi mobile berbasis Linux yang dikembangkan menjadi Android. Pada tahun 2008 Handphone dengan OS Android pertama dirilis dan pada waktu itu HTC adalah vendor yang pertama menjadi OS Android dan HP Android itu diberi nama HTC Dream dengan menggunakan OS Android versi 1,6 yaitu Android Donut. Lihat Versi Android dari tahun ke tahun

Android Versi 1.0 (Angel Cake)
Android Versi 1.1 (Bettenberg)
 Android Versi 1.5 (Cupcake)
Android Versi 1.6 (Donut)
Android Versi 2.0 (Eclair)
Android Versi 2.0.1 (Eclair)
 Android Versi 2.1 (Eclair)
Android Versi 2.2–2.2.3 (Froyo)
Android Versi 2.3–2.3.2 (Gingerbread)
Android Versi 2.3.3–2.3.7 (Gingerbread)
Android Versi 3.0 (Honeycomb)
Android Versi 3.1 (Honeycomb)
Android Versi 3.2 (Honeycomb)
Android Versi 4.0–4.0.2 (Ice Cream Sandwich )
Android Versi 4.0.3–4.0.4 (Ice Cream Sandwich)
 Android Versi 4.1 (Jelly Bean)
Android Versi 4.2 (Jelly Bean)
Android Versi 4.3 (Jelly Bean)
Android Versi 4.4 (KitKat)
Android Versi 5.0 (Lollipop)

Sejak saat itu Google terus mengembangkan OS Android menjadi sebuah sistem operasi mobile yang handal dan terus melakukan peningkatan pada Level API (Application Programming Interface) pada setaip versi Android yang dirilis. Lambat laun prestasi OS Android mulai terlihat. Dan ditahun 2012 dan 2013 adalah kejayaan Android dan menengelamkan sistem operasi Symbian yang dulu dielu-elukan Nokia sampai-sampai Nokia menjual sahamnya ke Microsoft. Dan sampai detik ini Android merajai sistem opersi mobile di dunia dan memiliki ratusan vendor Android dan belum lagi aplikasi di PlayStore yang berjumlah jutaan. Mengalahkan sistem operasi mobile lainnya. Dan ditahun 2013 Android mendominasi Smartphone lebih dari 60 Persen di dunia.

Dan yang paling unik dari Google adalah selalu memberi nama kue dessert (Makanan Penutup)pada setiap versi sistem Android yang dirilis. Apakah tujuan untuk mudah diingat, ataukah cara menyederhanakan nama teknologi. Itulah sejarah singkat untuk lebih mengenal Android, yang sudah sejak lama dikembangkan dan beberapa tahun kemudian baru berjaya.

0 Response to "Mengenal Sejarah Sistem Operasi Android"

Post a Comment

wdcfawqafwef