Mengecilkan Volume Harddisk



Window 7 menyediakan beberapa tool untuk mengelola konfigurasi komputer dan berbagai bagian sistem operasi. Ada kalanya kita ingin mengecilkan jumlah ruang yang dialokasikan pada harddisk (disebut volume) untuk memberikan ruang pada partisi lain. Untuk melakukan ini kita dapat menggunakan Disk Management, caranya:





1. Klik Start Windows, ketik diskmgmt.msc pada kolom search dan klik-kanan pada  diskmgmt.msc kemudian pilih Run as administrator.










2. Biasanya, yang dikecilkan adalah volume yang tidak berisi sistem operasi. Jadi, kecilkan partisi data. Pada jendela Disk Management klik-kanan drive yang ingin dikecilkan (Misalnya Drive G:) dan pilih Shrink Volume… 










3. Tunggu sampai Disk Management menyelesaikan tugasnya. Akan muncul jendela Shrink G:. Angka yang dapat diubah adalah Enter the amount of space to shrink in MB (untuk menentukan besar haddrisk yang dikecilkan). Klik Shrink jika Anda sudah siap.










Langkah berikutnya adalah mengalokasikan ruang kosong yang dibuat menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh sistem operasi. Prosedurnya tidak rumit, silahkan baca langkah ke 5 sampai selesai dari posting >http://zefanz.blogspot.com/2011/06/cara-membuat-partisi-baru-di-windows-7.html





Ukuran sebenarnya akan kurang dari apa yang Anda minta, karena beberapa ruang diambil oleh sistem file Windows.





Jika Anda berubah pikiran, ingin mengembalikan ruang harddisk yang dikecilkan tadi, berikut cara mengembalikanya.


1. Masih pada jendela Disk Management, klik-kanan pada Drive G: (seperti sebelumnya) dan pilih Extend Volume…










2. Akan muncul jendela Extend Volume Wizard, klik Next > > Next > > Finish.















0 Response to "Mengecilkan Volume Harddisk"

Post a Comment

wdcfawqafwef