Membatasi Hanya Aplikasi Tertentu Yang Dapat Dijalankan


Ada situasi dimana kita, sebagai adminstrator jaringan, ingin user hanya dapat menjalankan aplikasi tertentu. Situasi yang sama seperti itu, sudah dapat Anda atasi di Windows 7 (kecuali versi Home) melalui Local Group Policy Editor.  Metode ini tidak sepenuhnya berhasil bagi user yang sudah tau cara mengakali kontrol akses semacam ini. Tapi ini tak ada salahnya untuk dicoba, terutama ketika PC Anda dipakai oleh orang lain selama beberapa waktu.





Cara melakukan proses konfigurasi ini adalah:


1. Sebelumnya, Silahkan membackup folder C:\Windows\System32, untuk mengantisipasi jika konfigurasi tidak berjalan lancar.





2. Sekarang buka Local Group Policy Editor dengan meng-klik Start Menu Windows, ketik gpedit.msc pada kolom search dan Enter.


Anda akan melihat jendela dengan dua panel. Masuk ke User Configuration > Administrative Templates > System.





3. Pada panel Setting cari Run only specified Windows applications,  klik-kanan dan pilih Edit untuk melakukan pengaturannya.










4. Klik Enabled, setelah itu akan terlihat tombol Show dibagian Options. 










5. Selanjutnya klik  tombol Show tersebut dan akan muncul jendela Show Contents untuk memasukkan aplikasi yang diperbolehkan. Masukkan perbaris nama file executable(termasuk ekstensinya).










6. Kalau sudah klik OK, kemudian OK lagi dijendela Run only specified Windows applications.





Anda selesai, sekarang ketika user menjalankan aplikasi yang tidak ada dalam daftar, mereka akan menerima pesan peringatan.







0 Response to "Membatasi Hanya Aplikasi Tertentu Yang Dapat Dijalankan"

Post a Comment

wdcfawqafwef