Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Bantuan BatteryCare


Sensor indikator baterai pada Laptop yang berguna untuk memberitahu jumlah daya yang tersisa kadang menjadi tidak akurat, sehingga kapasitas baterai bisa salah dilaporkan. Untuk membuat sensor tersebut menjadi akurat, harus dilakukan proses kalibrasi setiap 30 kali discharge.





Untuk menghitung proses discharge, Anda tak usah bingung, silahkan gunakan aplikasi BatteryCare untuk menghitungnya. Di BatteryCare nilai discharge dapat dilihat pada tab Basic Information.





Kalau nilai discharge sudah sampai 30, silahakan lakukan kalibrasi seperti pada langkah-langkah berikut.



1. Lakukan pengisian baterai sampai penuh (100%).





2. Kalau sudah penuh jangan cabut adaptornya, biarkan baterai tetap terisi selama 2 jam atau lebih, pada tahap ini Anda dapat menggunakan laptop seperti biasa.





3. Kalau waktunya sudah cukup, cabut adaptor (power cord) dan atur laptop untuk melakukan hibernate otomatis pada saat baterai mencapai persentase minimum seperti berikut:


3a.  Klik ikon Baterai pada taskbar > More power options










3b. Pilih Power plan yang Anda gunakan dan klik Change plan settings dan lanjutkan lagi dengan mengklik Change advanced power settings.















3c. Dijendela Power Options, klik pada Battery. Ubah setting Critical battery action - On battery menjadi Hibernate dan pada Critical battery level - On battery beri nilai 3%. kemudian OK.

















4. Setelah Anda mencabut adaptor dan melakukan pengaturan diatas, biarkan baterai melakukan pengosongan sampai melakukan hibernasi (Anda dapat menggunakan komputer seperti biasa).





5. Begitu Laptop masuk kedalam status hibernasi, biarkan selama 5 jam atau lebih tanpa melakukan apa-apa. Kalau sudah silahkan isi baterai sampai penuh secara nonstop (sampai 100%) kemudian cabut adaptor.





Proses kalibrasi selesai...... 








0 Response to "Melakukan Kalibrasi Baterai Laptop Dengan Bantuan BatteryCare"

Post a Comment

wdcfawqafwef