Memperbaiki Bootloop Setelah Flashing Stock ROM Android

Memperbaiki Bootloop Setelah Flashing Stock ROM Android - Pernahkah anda mengalami suatu kejadian dimana ponsel Android anda bootloop kemudian anda flash ulang ke stock fimrware namun masih saja bootloop?

Sebetulnya permasalahan seperti ini tidak perlu diributkan karena masih ada beberapa alasan yang masuk akal bila di logika. Mungkin bagi anda yang awam dengan hal ini akan merasa kebingungan tapi percayalah bahwa kasus-kasus seperti bootloop / brick merupakan sebuah pelajaran berharga yang akan menuntun anda menjadi seorang ahli Android.

Bootloop setelah flashing firmware Android, yang paling sering saya jumpai yaitu pada smartphone Android Samsung. Saya masih ingat ada beberapa jenis smartphone Samsung milik client seperti Galaxy Ace 2, Galaxy Ace Duos, Galaxy Y Duos, Galaxy Young, setelah berhasil saya flash ulang bukannya langsung menyala namun selalu berputar-putar di logo Samsung secara continue (bukan logo tipe).

Memperbaiki Bootloop Setelah Flashing Stock ROM Android

Beberapa alasan yang masuk akal soal bootloop setelah flashing Android :
  1. Data dari firmware lama belum terhapus
  2. Cache dari firmware lama masih aktif
  3. Error karena data / cache dari firmware lama yang memiliki versi Android dibawahnya / diatasnya aktif di firmware yang baru yang memiliki versi Android dibawahnya / diatasnya
Secara garis besar hanya alasan diatas yang terbilang jelas. Lantas bagaimana cara mengatasi permasalahan ini? Caranya sangat mudah.

Jadi, bootloop setelah flashing sock ROM Android itu biasanya terjadi karena Data / Cache dari firmware yang lama masih tersimpan di internal Android. Mungkin saja pada waktu flashing, cache tersebut tidak ikut terhapus. Kalau flashing Sony pakai Flashtool biasanya di wipe dulu kan ya sama Flashtool nya. Saat pemilihan firmware FTF disisi kanan kolomnya ada checklist Wipe Data / Cache.

Oke jadi yang harus kita lakukan yakni masuk ke Recovery Mode dengan menekan volume atas + home + power (untuk Samsung) kemudian pilih Wipe data / cache dan  Wipe cache partition agar data & cache dari firmware yang lama bisa terhapus. Tidak perlu install CWM segala macam, yang kita butuhkan hanyalah kedua menu diatas yang mana itu sudah disediakan didalam stock recovery Samsung.

Cara memperbaiki bootloop setelah flashing stock ROM Android ini sudah sering kali saya lakukan dan selalu berhasil. Bila anda mengalami kejadian ini, silahkan anda coba cara-cara diatas.

Semoga berhasil.

Artikel yang berhubungan :
Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 Response to "Memperbaiki Bootloop Setelah Flashing Stock ROM Android"

Post a Comment

wdcfawqafwef