Cara Menyembunyikan Foto & Video di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Foto & Video di Android Tanpa Aplikasi - Menyembunyikan file di Android seperti foto, video, dokumen, lagu, caranya mudah sekali. Bahkan tanpa menggunakan aplikasi tambahan apapun hal tersebut bisa kita lakukan.

Dulu, di blog ini pernah saya ulas mengenai Cara Menyembunyikan dan Memblokir SMS Serta Panggilan Masuk di Android. Yang jelas di tutorial tersebut kita memanfaatkan sebuah aplikasi pihak ketiga untuk menjalankannya. Bila di OS Symbian ada sebuah app bernama MCleaner, di Android ada yang namanya Mr. Number - Block calls, texts. Itu semua untuk pemblokiran panggilan.

Lantas bagaimana Trik Menyembunyikan Foto & Video di Android Tanpa Aplikasi?

Trik nya simple yaitu me-rename foto / video yang dimaksud (sebetulnya selain kedua hal tersebut bisa juga dokumen, lagu, APK, bahkan folder sekalipun) dengan nama awalan diberi tanda TITIK (.).

Contoh : Nama file nya gambar.png maka rubah namanya menjadi .gambar.png. Jika bentuknya folder misal Pictures maka rubah namanya menjadi .Pictures.

Lihat contoh gambar berikut ini.

Cara Menyembunyikan Data File di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Data File di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Data File di Android Tanpa Aplikasi

Cara Menyembunyikan Foto & Video di Android Tanpa Aplikasi

Untuk melakukan itu semua, kita perlu yang namanya File Manager. Kalau saya pribadi lebih memilih Root Explorer (ROOTEX) daripada aplikasi file manager lain. Selain fiturnya lengkap, Root Explorer mudah untuk dioperasikan.

Dengan kita merubah nama file yang bersangkutan, file tersebut tidak akan hilang / terhapus. File tersebut sebetulnya tetap ada namun tidak ada. Maksudnya dengan memberi awalan tanda titik, aplikasi-aplikasi Android tidak akan bisa membaca file tersebut sehingga file tersebut tidak akan nampak di app-app Android apapun *selain file manager*.

Jadi hanya seperti itu lah Tutorial Singkat Cara Menyembunyikan Data File di Android Tanpa Aplikasi. Mudah sekali bukan?

Sebelumnya mohon maaf kalau tutorial kali ini terbilang singkat, padat, dan jelas. Baru tadi sore saya pulang dari Malang sendirian melakukan perjalanan ke Ponorogo sekitar 4 jam kebut-kebutan dijalanan dengan kondisi badan yang sangat lelah. Sehari kemarin saya berangkat ke Malang untuk mengikuti seminar dan sehari setelahnya saya harus kembali pulang ke Ponorogo karena senin saya harus masuk kuliah.
Untuk itu saya memohon maaf bila ada pesan BBM, Whatsapp, LINE, dan lain-lain yang belum saya balas karena hal diatas. Insya Allah cepat atau lambat semua itu akan saya tanggapi.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya / berdiskusi soal android atau masuk ke page Request Android untuk request Tutorial ataupun Review.

0 Response to "Cara Menyembunyikan Foto & Video di Android Tanpa Aplikasi"

Post a Comment

wdcfawqafwef