Belanja Online, Ingat Satu P dan Lima S

Belanja Online- Di era E Commerce saat ini, belanja online sudah tidak terdengar asing lagi ditelinga kita, simple dan menghemat waktu memang cara belanjanya,  tanpa perlu langsung ke toko nya namun perlu kewaspadaan bagi pembeli yang ingin belanja online untuk produk atau jasa tertentu. Agar Anda bisa terhindar dari penipuan dan harus tetap melek dan waspada dalam berbelanja online.  Ada 6 tips aman belanja online ala InfoTech Review yang khusus diformulasikan ke dalam Satu P dan Lima S. Dan tips ini InfoTech share kepada para shopaholic khususnya dalam belanja online. jadi jika belanja online INGAT Satu P dan Lima S.
Tips aman belanja online


Belanja Online, Ingat Satu P dan Lima S

  • Search and Survey

Jika Anda ingin berbelanja online satu langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencari dan survey produk atau jasa yang ingin Anda beli. Disini juga Anda harus jeli dalam mencari produk yang Anda cari. Mencari produk di mesin pencari harus teliti jangan sampai Anda masuk dan terjerumus ke situs duplikat atau situs yang didalamnya ada malware. Cari dan survey situs terbaik yang produk yang Anda cari tersedia di situs tersebut.Untuk mencegah ini pastikan PC  Anda sudah ada penangkal secara real time yaitu Antivirus untuk mencegah dan menandai situs-situs yang tidak mempunyai reputasi baik
  • Secure and Safety 

Setelah menemukan produk atau jasa dari hasil penelusuran Anda, kemudian cek keamanan situsnya, berbelanjalah di situs atau toko online yang menawarkan produk dengan menjamin kemamanan pembeli, biasanya penjual menjamin keamanan pembeli melalui privacy policy, Secure Sockets Layer untuk keamanan transaksi online. Cara ini untuk menghindari penipuan online. 

  • Site Review

Selanjutnya review situsnya, apakah situsnya mempunyai reputasi dan kredebelitas baik, cara melihatnya bisa dengan cek domain, cek Page Rank, jumlah pengunjung, customer service atau support situsnya dengan email, live chat atau telpon. Begitu juga dengan produk yang ingin Anda beli, harga, review, rekomendasi, bukti hasil dari shipping produk, informasi teman atau sahabat Anda, atau referensi yang bisa Anda percaya. Hal ini bisa menjadi pertimbangan Anda untuk membeli, jika informasi sangat terbatas Anda dapatkan mengenai produk yang Anda beli silakan cari produk di situs yang lain.
  • Shipping

Shipment, shipping atau pengiriman produk yang Anda beli juga harus menjadi perhatian Anda,  sebelum membli produk pahami dulu cara shipping ke alamat Anda, bagaimana cara pengiriman, bagaimana charge untuk pengiriman, bagaimana jika barang rusak atau cacat dalam pengiriman, apakah bisa return, atau garansi, semua Anda harus jeli sebelum membeli dan penjual melakukan pengiriman. Agar tidak kecewa dengan produk dan jasa yang anda beli pastikan produk tersebut benar-benar pas dengan pilihan anda. Dan hitung juga biaya shipping  dari lokasi penjual dengan lokasi anda jadi harga produk ditambah harga pengiriman, karena biasanya harga pengiriman ditanggung pembeli, walaupun ada sebagian yang menawarkan free shipping.
  • Payment

Pembayaran adalah hal yang sangat penting dalam sebuah transaksi jual beli, apalagi jual beli online, kekhawatiran akan mucul jika Anda tidak memperhatikan tips belanja online diatas. 
Gunakan sistem pembayaran yang tersedia pada toko online tersebut, apakah melalui Credit Card, Transfer, Paypal, rekening bersama, atau sistem pembayaran online lainnya yang Anda anggap aman. Jika melalui transfer atau rekening lainnya pastikan Anda segera konfirmasi kepada tim CS nya agar proses pengiriman segera dilakukan. Satu P inilah hal yang paling mendasar dalam belanja online, dimana proses payment akan terjadi perpindahan dana dari pembeli ke penjual jadi pastikan semua berjalan dengan baik.
  • Spending Wisely

Berbelanja online haruslah bijak, sesuaikan budget dan kebutuhan Anda, jika kebutuhan setiap hari pasti ada terus dan semakin bertambah, jika tidak bijak dalam berbelanja dana Anda akan habis.

0 Response to "Belanja Online, Ingat Satu P dan Lima S"

Post a Comment

wdcfawqafwef