Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer

Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer - Partisi EXT yang seyogyanya merupakan file sistem extended Linux ialah sebuah partisi yang paling ampuh dan menjadi dasar dari segala distribusi Linux.

File sistem EXT didefinisikan sebagai topologi file sistem dengan memberikan arti bahwa setiap file pada sistem diasosiasiakan dengan struktur data inode. Sebuah inode menunjukkan blok mana dalam suatu file tentang hak akses setiap file, waktu modifikasi file, dan tipe file. Setiap file dalam EXT file sistem terdiri dari inode tunggal dan setiap inode mempunyai nomor identifikasi yang unik.

Bila saya teruskan masih ada banyak mengenai pengertian, fungsi dan keunggulan EXT ini. Ada tiga file sistem utama di Linux meliputi EXT2 (basic), EXT3 (hasil penyempurnaan EXT2), dan EXT4 (hasil penyempurnaan EXT3). Dan tentunya itu juga berlaku untuk Android.

Dalam berbagai keperluan kita memerlukan yang namanya partisi. Pada Android biasanya kita memanfaatkan partisi utama Linux (EXT) untuk menyimpan data-data sekunder misal data aplikasi. Disini yang kita partisi bukan lah memory internal karena mustahil untuk melakukannya. Kita bisa memakai SD Card untuk membuat partisi.

Cara mempartisi SD Card untuk Android pun bermacam. Yang menjadi masalah, Linux bisa mengakses partisi di Windows, sedangkan Windows tidak bisa mengakses partisi di Linux.

Tentunya kita tahu sendiri bukan, Windows hanya membaca file sistem FAT32 dan NTFS saja.

***

Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer, jadi kasusnya katakan anda memakai Link2SD sebagai metode untuk memindahkan aplikasi Android ke SD Card. Link2SD sekarang support file sistem EXT2, EXT3, EXT4, dan FAT32/16. Pada tutorial mempartisi SD Card Android untuk Link2SD pernah saya sarankan untuk memakai partisi FAT32 saja dengan berbagai alasan.

Alasan utamanya karena tidak semua Android support dengan EXT terlebih yang masih menggunakan stock rom dan belum dioprek sama sekali.

Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer
Sebetulnya saya tidak melarang untuk menggunakan partisi Linux tersebut. Tapi bagi sebagian orang yang masih awam mengenai seluk beluk Android tentunya mereka akan sangat bingung sekali bila mereka membuat partisi dan yang dipilih EXT2 bukan EXT yang lain.

EXT2 itu sesuatu untuk Windows. Kita mempartisi ulang SD Card Android yang mulanya hanya satu partisi (FAT32) kini kita rombak menjadi dua partisi (FAT32 dan 'X'). Bila X tersebut kita gunakan EXT3 ataupun EXT4, Windows masih bisa membaca file sistem SD Card kita namun hanya satu partisi (FAT32) karena itu tadi, Windows tidak bisa membaca file sistem Linux.

Tapi kalau EXT2 yang kita gunakan, walhasil mimpi buruk lah bagi pengguna Android baru. Hasilnya seluruh file sistem SD Card anda tidak akan terbaca. Bahkan bila anda masukkan SD Card anda kedalam Windows belum tentu Windows mau membaca SD Card anda.

Hal itu pernah dialami oleh salah satu pengunjung yang bertanya kepada saya. Ia mengatakan SD Card nya rusak setelah ia menekan Apply pada waktu mempartisi menggunakan MiniTool Partition Wizard. katanya hilang seketika di Windows. Saya tanyai beberapa kali akhirnya ia mengatakan bahwa partisi EXT2 yang ia pilih.

Sebetulnya itu tidak rusak. Bila anda lihat di menu File Manager Android masih ada semua kok data-data pribadi anda. Termasuk partisi EXT2 yang barusan anda buat.

Bila anda menggunakan Windows dan bingung bagaimana cara mengembalikannya, sedangkan di Windows saja SD Card nya tidak mau terbaca, jalan satu-satunya yang paling mudah untuk memperbaiki atau Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer yaitu dengan Mempartisi SD Card Melalui CWM Recovery.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

0 Response to "Mengembalikan SD Card yang Hilang Karena Partisi EXT2 Tanpa Komputer"

Post a Comment

wdcfawqafwef