Blog Tidak Ditemukan, Blog Telah Dihapus, Ada Apa Ini?

Blog Tidak Ditemukan, Blog Telah Dihapus, Ada Apa Ini? - Singkat cerita kurang lebih setengah jam yang lalu blog Tips dan Tutorial Belajar Android ini 'hilang' begitu saja. Hilang dalam arti tidak ditemukan. Bila masuk ke blog ini, tertulis 'Blog Tidak Ditemukan, Blog Telah Dihapus'.

Jadi ceritanya tadi saya masih me-review komentar yang masuk ke blog ini. Maklum komentar yang masuk tidak hanya satu atau sepuluh tapi hampir tujuh puluh komentar setiap hari masuk.

Dari sekian banyak komentar yang lalu lalang ke berbagai artikel, satu per satu hampir semua saya balas. Mungkin tadi secara keseluruhan sudah hampir 50% saya membalas komentar-komentar anda. Yah masalahnya cuma saya seorang yang mengelola blog ini. Sekuat tenaga saya urus sekuat saya. Kalau pun ada yang mau membantu menjadi admin blog ini, mmm...

Beberapa waktu kemudian setelah saya selesai membalas seluruh komentar disuatu artikel, saya close tab artikel tersebut. Tapi saya ingat ternyata masih ada beberapa yang ketinggalan belum terbalas. Kemudian saya buka lagi mumpung saya masih mood diajak berdiskusi.

Tapi apa? saya lihat kok komentar yang baru saja saya balas sebagian gak ada? Pikiran saya langsung menuju ke Spam. Saya check kotak spam di dashboard blogger. Ternyata oh ternyata benar komentar saya ada didalam sana.

Karena saya sadar itu bukan merupakan komentar spam ya saya tandai 'bukan spam' dong. Lalu saya restore.

Selesai me-restore sambil nyeruput kopi sruputan terakhir (karena ini sudah pagi) saya lanjutkan kegiatan balas komentar saya.

Tau-tau pas nekan tombol submit, muncul halaman login. Nah lo.

Dari situ keganjilan muncul. Biasanya muncul halaman login walau saya tidak me-logout akun saya itu biasa. Tapi kali ini saya hiraukan. Tidak saya login dulu.

Pada waktu itu saya klik new tab dan saya pilih artikel yang baru saja saya balas komentar nya (berniat ingin me-refresh). Walhasil muncul tulisan Blog Tidak Ditemukan, Blog Telah Dihapus!

Siapa yang gak kaget?

Saya khawatir blog ini kena banned padahal saya tidak berbuat apa-apa. Hanya saja setelah saya selesai mencari solusinya dan sekarang blog ini sudah berhasil saya normalkan, saya teringat soal membuat komentar spam menjadi bukan spam. Mungkin itu yang menyebabkan blog ini dianggap spam oleh google.

Padahal sepak terjang blog ini sudah lumayan panjang dan sudah banyak menghasilkan.

Disini saya tegaskan kepada Google bahwa "This blog isn't Spam Blog. I grow this blog sixth months alone and i never make any spam. I know why this blog mark as spam. Because i reviewed some comment as not spam. Please try to check this again. That is not spam comments, and this isn't Spam Blog. Thanks Google"

0 Response to "Blog Tidak Ditemukan, Blog Telah Dihapus, Ada Apa Ini?"

Post a Comment

wdcfawqafwef