Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android 2013

Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android 2013 - Baik selama kurang lebih 7 bulan saya mengudarakan blog Tips dan Tutorial Belajar Android ini tak terasa sudah hampir dua ratus artikel saya publikasikan dengan rata-rata per hari nya satu artikel.

Di blog ini banyak saya bahas tutorial-tutorial paling mendasar dalam dunia Android. Diantaranya mulai dari serba-serbi tutorial Android, rooting Android, flashing Android, modding Android, review aplikasi dan handphone Android, serta sedikit berita-berita umum yang sedang booming dan menjadi trend Android.

Tentunya saya membuat blog ini bukan serta merta untuk sekedar menulis lalu copas sana sini, ikut-ikutan tutorial yang diberikan oleh blog orang lain. Saya mempublikasikan artikel berdasarkan pengalaman saya pribadi dan seluruhnya sudah saya tinjau ulang dengan banyak pertimbangan apakah tutorial-tutorial itu layak untuk saya publish dan alhamdulillah hingga saat ini dengan total artikel hampir 200 buah sudah lebih dari 4000 komentar masuk saya terbitkan.

Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android 2013

Pada artikel kali ini saya hanya ingin mereview ulang beberapa Cara Menambah Performa dan Kinerja Android guna untuk memudahkan pengunjung yang datang kesini yang sedang mencari solusi memperbaiki kinerja Android mereka yang lamban atau yang sedang bermasalah.

*Insya Allah artikel ini akan terus saya update seiring bertambahnya tutorial Cara Menambah Performa dan Kinerja Android yang baru di blog ini

Simak baik-baik.
Ini merupakan artikel menambah performa Android yang pertama kali saya terbitkan. Didalamnya terdapat beberapa step yang semuanya tidak membutuhkan skill khusus dalam hal oprek Android karena semua step nya hanya menggunakan aplikasi pihak ketiga saja.
Pada seri kedua ini step nya sudah sedikit advanced yang tentunya beresiko besar bila smartphone Android anda tidak cocok dengan cara ini. Bagian kedua ini menggunakan update flash zip yang namanya Ultimate Tweaks. Isinya beberapa tweak Init.D dan build.prop
Bagian ketiga sama seperti di bagian pertama. Hanya saja bagian ketiga lebih saya tekankan pada pengaturan RAM Android.
Seri keempat, membahas tentang tips dan kiat-kiat meringankan kinerja Android dengan sedikit pembenahan terhadap system dan settings. Seperti menghapus aplikasi system yang tidak berguna, gunakan widget secukupnya, jangan menggunakan task killer scheduler, dan lain-lain.
Seri terakhir (dan insya Allah akan berlanjut) membahas soal ODEX dan DEODEX. Dengan kemampuan dan kelemahan yang dimiliki keduanya, keduanya sama-sama mempunyai kehebatan dalam meringankan performa Android.
Seeder merupakan aplikasi yang direkomendasikan di forum XDA Developer. Kegunaan aplikasi ini lebih mengarah ke 'Lag Reduction' (penghambat Lag). Saking spesialnya, aplikasi ini perlu saya buatkan artikel khusus dan tidak mencampurnya dengan aplikasi-aplikasi lain.
Pimp My Rom yang disebut-sebut sebagai aplikasi All-In-One terbaik dikategorinya merupakan sebuah tool yang  sangat lengkap untuk anda yang suka dengan cara-cara yang serba instant. Dengan Pimp My Rom anda bisa dengan mudah mengaplikasikan beberapa tweak langsung kedalam system hanya dengan menggunakan satu kali klik. baca lebih lanjut bila anda merasa penasaran.
Rakun Optimizer, sebuah aplikasi lokal yang isinya ialah hasil modifikasi dari script SuperCharger untuk management RAM. Aplikasi ini berguna untuk anda yang memiliki smartphone super lamban.
Bila anda tahu apa itu Juwe RAM Script, tentunya anda tahu apa itu Init.D. Dengan Init.D kita bisa menginject banyak tweak yang fungsinya bermacam-macam salah satunya untuk meningkatkan kecepatan Android. Init.D cara kerjanya yaitu me-load tweak yang berada didalamnya pada saat smartphone Android reboot. Beberapa aplikasi seperti Link2SD untuk memindah aplikasi Android ke SD Card juga memakai Init.D ini
Ceritanya pada waktu itu saya sedang menjelajah masuk ke forum-forum yang berada di XDA. Kemudian saya kumpulkan beberapa buah tangan yang manis yang sudah saya filter salah satunya Pure Graphic HD. Dengan size nya yang tidak lebih dari 300KB, flashable zip ini mampu menambah score AnTuTu X10 Mini saya hingga 300 dibagian graphic. Lumayan kan?
Ini bukan tutorial swap yang merubah eksternal menjadi internal itu lo ya? Melainkan swap yang berfungsi sebagai virtual memory (RAM virtual). Dengan virtual memory, berarti Android anda masih memiliki sedikit cadangan RAM untuk nantinya digunakan bila Android anda sedang berada di space RAM yang kritis.
ZRam masih ada kaitannya dengan swap. Hanya saja ZRam ini mengambil dari kapasitas RAM nya langsung, tidak seperti swap atau swap file yang mengambil space untuk dijadikan virtual memory dari SD Card.
Overclock atau menaikkan clock CPU Android mampu mendobrak kinerja Android yang lemot dan sering nge-Lag. Prinsipnya bila pada titik maksimal smartphone anda hanya mentok pada 600MHz saja, sekarang kita naikkan menjadi 710MHz atau yang semacamnya.
Sebetulnya ini sama seperti tutorial nomor satu. Hanya beda tool nya saja. Resep yang satu ini juga wajib anda coba.

Demikian Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android 2013 yang sekiranya bermanfaat bagi anda penggemar smartphone Android.

Yang perlu saya katakan, bila anda membaca-baca tutorial semacam ini perhatikan apakah tutorial itu valid atau hanya asal-asalan dengan melihat isi artikelnya dan membaca komentar-komentar yang masuk dari artikel tersebut. Semoga anda mendapatkan manfaat baiknya bukan malah menjadi korban tutorial menambah kinerja Android.

Baca bagian daftar isi untuk tutorial menarik lainnya atau masuk ke page Curhat Android untuk bertanya/berdiskusi soal android.

0 Response to "Kumpulan Cara Menambah Performa dan Kinerja Android 2013"

Post a Comment

wdcfawqafwef