CamStudio - Merekam semua Aktivitas Layar dan Audio Pada Komputer




Jika Anda ingin merekam semua atau sebagian dari layar Anda dan menjadikannya sebuah video untuk keperluan tertentu, misalnya video demonstrasi atau video tutorial, Anda dapat menggunakan software Open Source yang satu ini yaitu CamStudio.





CamStudio dapat merekam semua aktivitas layar dan audio pada komputer Anda dan menciptakan video kedalam file AVI dan SWF. CamStudio juga dilengkapi dengan Lossless codec yang membuat hasil yang jernih dengan ukuran file yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan codec yang lebih populer lainnya, seperti Microsoft Video 1.








Anda memiliki kontrol total atas output dari video Anda: Anda dapat memilih untuk menggunakan kursor kustom, untuk merekam seluruh layar atau hanya sebagian saja dan juga ada pilihan untuk merekam hanya jendela yang sedang kita buka.





Tidak hanya itu, Anda dapat menambahkan effects pada video dan mengurangi atau meningkatkan kualitas rekaman tergantung pada apakah Anda ingin video yang lebih kecil (untuk mengirim email kepada orang-orang, misalnya) atau Anda dapat memilih "kualitas terbaik" yang untuk dibakar ke CD / DVD.





CamStudio mudah untuk digunakan, sehingga Anda dapat belajar sendiri untuk membuat video Anda dengan menelusuri menu-menunya.





Berikut adalah langkah-langkah untuk merekam layar desktop.





1. Buka CamStudio dan klik menu Region, disini silahkan tentukan bagian/wilayah yang mau direkam. Pada contoh ini saya memilih Window.










2. Klik tombol record atau menu File > Record untuk memulai merekam. Karena yang Region yang dipilih adalah Window, CamStudio akan meminta mengklik jendela yang mau direkam. Batas layar yang direkam akan ditunjukkan dengan frame warna hijau.










3. Untuk menyelesaikan/menghentikan rekaman silahkan klik tombol Stop atau menu File > Stop.













Untuk pilih-pilihan tambahan silahkan anda menelusuri menu-menunya lebih dalam lagi.















0 Response to "CamStudio - Merekam semua Aktivitas Layar dan Audio Pada Komputer"

Post a Comment

wdcfawqafwef