Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android Bag. II

Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android Bag. II - Kali ini saya akan membahas cara meningkatkan kinerja android, yang mana ini merupakan bagian kedua setelah dulu saya pernah membahas Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android tapi ini juga bukan kelanjutan dari versi sebelumnya karena ini berbeda.

Keterbatasan dari android kelas menengah kebawah membuat kita harus mencari cara bagaimana android ini bisa berjalan dengan baik dengan fitur terbaru. Karena biasanya developer tidak memberikan update android terbaru untuk ponsel jenis tersebut.

Sebetulnya tidak bisa disalahkan ponselnya karena memang ini bukan ponsel android kelas atas. Banyak keterbatasan didalamnya. Bila anda mendengar komentar semacam "Android yang bagus itu android yang tidak memerlukan tweaks tidak memerlukan oprek-oprekan tidak butuh custom rom, android yang bagus itu kinerjanya bagus dari sananya" maka segeralah mencari batu yang besarnya segenggam tangan lalu hantamkan ke mukanya. Semua android itu bagus.

"Ngapain susah-susah oprek. Kalau bisanya segitu ya segitu saja tidak usah ngoyo/dimaksimalkan. Malah androidnya bootloop baru tahu rasa". Orang yang berkomentar seperti itu juga boleh anda lempar pakai batu. Tahu system android? Android itu Open Source. Open Source bang. Silahkan diartikan sendiri.

Tidak semua orang bisa membeli android yang mahal seperti Samsung Galaxy S4 atau Sony Xperia Z. Jadi disyukuri saja apa yang kita punyai sekarang ini. Samsung Galaxy Young yang murah itu sudah bagus lo untuk menunjang segala aktifitas. Mulai dari kantor sampai sosial media.

Baik itu tadi hanya kalimat pembuka saja, ceritanya saya tadi sedang mencari ROM di XDA Developer. Kemarin saya sudah ngobrak-abrik XDA terus nemu beberapa thread salah satunya thread yang isinya Tweaks tapi tidak saya cermati karena hanya sekilas saya melihat. Pas nyari-nyari ROM tiba-tiba saya teringat sama thread itu. Title nya [TWEAKS]UltimateTweaks for Xperia Phones(Android).

Tweaks tersebut berguna untuk mempercepat performa android. Tertulis Less Lag, Boost Phone, Saves Battery, Internet Tweaks, many more. Syarat-syaratnya pengguna sedang berada di Gingerbread, ICS, Jelly Bean, memiliki CWM, (baca Tutorial Cara Menginstall ClockWorkMod Recovery (optional) Samsung Galaxy Young & Sony Ericsson Xperia X10 Mini) dan tapi sayangnya tweaks tersebut hanya untuk pengguna Xperia.

Terminal Screenshot
Cara installnya, data di flash menggunakan CWM Recovery. Jangan lupa untuk membuat backupan untuk jaga-jaga bila terjadi android bootloop. Jangan lupa untuk mem-wipe dalvik cache juga supaya tweaks ini work.

Selesai flashing, nyalakan ponsel dan buka terminal emulator anda kemudian input "SU" kemudian "boost" untuk mengaktifkan tweaks. Nantinya Free Memory akan otomatis bertambah. Misal dari 15MB akan naik menjadi 40MB.

Saya sudah mencoba namun saya kembalikan lagi. Kenceng banget performanya. Untuk saya, performanya keterlaluan.

Do With Ur Own Risk ya bila ingin mencoba :) Dikhususkan untuk advanced user saja.

FAQS nya baca disini

0 Response to "Cara Menambah RAM dan Mempercepat Performa Android Bag. II"

Post a Comment

wdcfawqafwef