Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa Root

Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa Root - Mungkin inilah yang selama beberapa bulan ini dicari banyak orang. Kalau saya pernah membuat artikel mengenai Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke Memori Eksternal (SD Card) yang mana selain caranya sedikit ribet untuk yang baru mengenal android juga cara tersebut memerlukan root supaya semua berjalan dengan lancar.

Root? Ya, pengguna harus membuka hak akses system ponselnya terlebih dahulu bila ingin menerapkan cara memindah aplikasi android ke SDCard via Link2SD atau APP2SD (termasuk DC2SD). Selain itu juga pengguna juga diwajibkan untuk mempartisi SDCard android nya kemudian harus mensetting beberapa menu sebagai pelengkapnya kemudian harus melakukan beberapa ritual sebagai penutup tutorial. Ribbbbet ya? Pokoknya ribet :D

Maka dari itu sebagai alternatif memindah aplikasi ke SDCard yang gampang yaitu dengan menginstall Move To SD. Move To SD tidak memerlukan persyaratan khusus untuk menginstallnya. Bedanya, Move To SD memindah aplikasi (mungkin) 100% ke SDCard. Sedangkan Link2SD me-link aplikasi-aplikasi yang terinstall ke SDCard.

Lalu kenapa tidak kita pakai Move To SD saja? Kan lebih mudah. Nah disini perbedaannya. Selama ini yang saya tahu sebetulnya tidak semua aplikasi android bisa di Move ke SD. Hanya beberapa saja yang bisa. Tapi juga tidak harus hanya aplikasi tertentu saja yang bisa di Move. Sebetulnya semua bisa (haduh). Hanya saja bila kita memaksakan aplikasi di Move ke SD, hasilnya aplikasi terkadang menjadi error. Yang paling mencolok, widget dari aplikasi tersebut tidak berfungsi. Begitu kira-kira.

Baik untuk anda yang ingin mencoba Move To SD Card, cara install Move To SD sebagai metode memindah aplikasi android ke sdcard tanpa root sebagai berikut :
  1. Pastikan anda memiliki komputer/laptop
  2. Install driver ponsel anda. Tujuannya supaya android anda connect dengan komputer/laptop
  3. Aktifkan mode USB Debugging di Setting < Applications < Development supaya ponsel bisa digunakan dalam mode penyambungan USB
  4. Download move_to_sd.zip
  5. Sambung ponsel dengan komputer/laptop. Pastikan kedua perangkat tersebut benar-benar tersambung (bukan USB Not Recognized) :p
  6. Ekstrak folder yang berada didalam move_to_sd.zip tadi kemudian run Enable Move to SD.bat yang ada didalamnya
  7. Ikuti petunjuk-petunjuk yang keluar, setelah selesai selamat!
Anda sudah bisa memindahkan aplikasi android ke SDCard :) Tanpa root, tanpa partisi, dan pastinya tanpa Link2SD yang ribet itu.

Screenshot :
Screenshot 1

Screenshot 2
Screenshot diatas, contoh aplikasi yang akan dipindah. Untuk memindahnya ke SDCard cukup dengan menekan tombol Move to SD Card seperti pada Screenshot 2.

Selamat memindahkan aplikasi android tanpa root. Isi kotak komentar bila ada yang ingin ditanyakan.

0 Response to "Cara Memindahkan Aplikasi Android Ke SDCard Tanpa Root"

Post a Comment

wdcfawqafwef