Cara Membuat Partisi Baru di Windows 7








Untuk membagi atau menambah partisi pada Windows 7, Kita bisa melakukannya tanpa menggunakan bantuan software pihak ketiga, cukup dengan menggunakan Disk Management yang terdapat pada Computer Management.













Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:







1. Klik button 'Start' Windows di taskbar anda kemudian ketik 'Computer Management

 di kotak Search program and files dan pilih Computer Management.





















2. Setelah muncul jendela Computer Management pilih Storage > Disk Management, dipanel kiri jendela Computer Management.










3. Untuk menambah partisi, anda harus memperkecil ukuran partisi Drive yang akan dibagi, misalkan Dirve C, kemudian buat partisi baru. 




> Klik kanan pada Drive C: kemudian pilih Shrink Volume













4. Selanjutnya Disk Management akan melakukan kueri terhadap drive C. Tahap ini biasanya akan memakan waktu yang durasinya tergantung kapasitas drive C.










5. Kemudian muncul jendela Shrink C. Disini anda bisa memasukan besarnya partisi yang akan dibuat. Masukkan pada bagian Enter the amount of space to shrink in MB. Usahakan ukuran partisi yang bakal dibuat tidak melebihi kapasitas yang tertera pada Size of available shrink space in MB.








 6. Setelah itu, hard disk akan terbelah jadi 2 atau bertambah 1 partisinya. Muncul pula keterangan Unallocated pada partisi yang baru itu.












7. Langkah selanjutnya adalah memformat partisi baru itu. Klik kanan pada partisi (unallocated) kemudian pilih New Simple Volume.










8. Muncuk jendela Welcome Wizard… klik Next









9. Muncul jendela Specify Volume Size. Di sini kamu bisa menentukan jumlah besarnya hard disk yang akan diformat. Langsung saja klik Next.









10. Muncul jendela Assign Driver Letter or Path. Di jendela ini kamu menentukan huruf drive untuk partisi. Biarkan saja apa adanya. Klik Next.







11. Selanjutnya muncul jendela Format Partition. Tentukan sistem file untuk partisi—NTFS atau FAT. Pilih NTFS saja. Jangan lupa, kasih label juga. Klik Next.




  



12. Muncul halaman yang menampilkan pengaturan yang sudah kita buat. Periksa dulu sebelum klik Finish. Kalau ada yang salah, klik Back.

   

13. Setelah proses pembuatan dan format partisi selesai, periksa Disk Management. Kamu juga bisa memeriksa di Windows Explorer. Pastikan ada drive baru.



 


 



Selamat mencoba.......



0 Response to "Cara Membuat Partisi Baru di Windows 7"

Post a Comment

wdcfawqafwef