Tips menghindari komputer dari virus


Sumber: Ravelex





Definisi program yang bisa ngerusak komputer kita, antara lain:


1. Virus komputer : 


adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya dan menginfeksi dan merusak file yang dihinggapi. file yang dihinggapi virus itu dapat juga berlaku sebagai virus yang terus menerus menginfeksi korban lain. virus virus jaman dulu diciptakan untuk menginfeksi komputer apple II / machintosh, lalu berpindah target, seiring dengan kepopuleran pc IBM / MS DOS.


2. Worm 


worm adalah tipe program mampu menggandakan diri dan menyebar melalui jalur internet / network secara otomatis tanpa ada halangan dari user komputer dan merusak file dari komputer yang dijangkiti. bedanya dengan virus, worm tidak perlu menghinggapi program tertentu untuk melakukan aktifitasnya. 


3. Trojan 


Trojan adalah sebuah program yang seharusnya melakukan fungsi tertentu, tapi malah melakukan aktifitas yang tidak diinginkan. Trojan bisa melakukan perusakan terhadap file di komputer, bisa juga melakukan aktifitas spy (mengumpulkan data data user) atau melakukan backdoor (mengontrol komputer dari komputer lain). Trojan tidak dapat melakukan penggandaan diri seperti virus dan biasanya menginfeksi user dari file2 yang di donlod dari internet.





Tips menghindari virus komputer : 


1. Hati hati membuka email dengan attachment. 


kalau ada email yang ada attachmentnya sebaiknya di perhatikan dulu isi attachmentnya. sebaiknya jangan pernah membuka attachment dari pengirim tak dikenal. sebaiknya scan dulu file itu sbelum dibuka... 





2. Tidak sembarangan memasukkan usb disk 


salah satu sarana efektif untuk menyebarkan virus adalah dengan USB DISK. pastikan usb yang akan dimasukkan tidak mengandung virus atau scan dulu dengan antivirus. pastikan lo lock usb disk (bikin read only) jika hanya dipakai untuk membuka data. 





3. Backup data data penting... 


walaupun komputer lo bebas virus, sebaiknya backup data data penting. kalau kalau ada virus yang menginfeksi, data lo akan selamat karena masih ada backupnya. 





4. Jangan asal mendownload file. 


download file hanya kalau lo sudah yakin bahwa website tempat file itu bukan penyebar virus. download program hanya dari pembuat program yang bonafit di website resminya. 





5. Pastikan scan file sebelum forward 


scan dahulu file yang akan di forward ke orang lain, hal ini akan mencegah file virus tersebar lebih luas. 





6. perhatikan extension dari file itu 


file yang hanya menyimpan data seperti JPG, GIF, MP3 biasanya tidak memuat virus. hati hati terhadap file yang bisa memuat program didalamnya seperti ZIP, EXE, DOC dll. 





7. selalu update program antivirus... 


banyak yang salah kaprah, dengan menginstall antivirus maka akan terbebas virus, virus baru bisa muncul tiap hari, sehingga program antivirus yang terinstall 3 bulan yang lalu tidak akan mengenali virus yang dibuat hari ini. maka dari itu pastikan selalu update definisi virusnya setidaknya seminggu sekali. 





Banyak program antivirus yang bisa di install ada yang gratisan ada yang bayar, antivirus gratisan biasanya tidak secanggih antivirus bayar. sekarang banyak antivirus bayar yang harganya murah, seperti Bit defender atau Norman antivirus yang harganya cuman 100 ribuan (untuk pasar indonesia). 





Dengan membeli antivirus bayaran, lo bisa update antivirus lo sesuai dengan jangka waktu tertentu (biasanya setahun). Kalau pakai antivirus bajakan lo ga bakal bisa update antivirusnya, jadi ga ada gunanya pake yang bajakan.

0 Response to "Tips menghindari komputer dari virus"

Post a Comment

wdcfawqafwef